6 Manfaat Adanya E-Commerce Indonesia

Tahukah kamu apa itu e-commerce? Istilah yang satu ini memang kini sering digaungkan terlebih setelah berkembangnya teknologi informatika menjadi semakin modern. E-commerce sendiri merupakan bisnis dan atau transaksi komersial melalui internet. Mulai berkembang tahun 1960an, ecommerce pertama kali digunakan dalam sebuah iklan elektronik dan perkembangan e-commerce Indonesia dimulai pada tahun 1990an. Hingga saat ini di Indonesia telah terdapat berbagai macam e-commerce yang mengusung konsep dan menawarkan produk yang beragam. Tidak hanya barang saja, ada pula berbagai e-commerce yang menawarkan jasa seperti agen tiket, jasa transportasi dan masih banyak lagi.

Bicara tentang ecommerce sendiri, adanya perkembangan e-commerce memang memberikan berbagai macam manfaat bagi banyak orang, bukan hanya keuntungan bagi para pendirinya saja tapi juga masyarakat umum. Berikut ada 6 manfaat dari adanya e-commerce Indonesia yang wajib kamu pahami!

Pemasaran lebih luas

Manfaat pertama yang akan didapat oleh para pelaku bisnis dengan adanya e-commerce ini ialah mereka memiliki kesempatan untuk memasarkan produknya di market yang lebih luas. Tentu saja adanya pemasaran tersebut makin membantu pebisnis untuk mendapatkan keuntungan yang meningkat sebab produknya lebih dikenal orang.

Tidak dibatasi waktu

Selain itu, manfaat kedua dari adanya e-commerce Indonesia ialah bisnisnya dapat dijalankan tanpa terikat waktu. Apa artinya? Dalam hal ini, transaksi jual beli bisa dilakukan selama 24 jam dan hal tersebut jelas berbeda dengan konvensional yang transaksinya hanya terbatas pada jam-jam tertentu tergantung waktu buka toko.

Dapat dilakukan dimanapun

Kemudian, transaksinya juga bisa dilakukan dimanapun dalam artian para penjual dan pembeli tidak harus datang ke toko offline untuk melakukan transaksi. Namun, pembeli bisa langsung mengakses semua barang dan jasa yang diinginkan hanya melalui sebuah website.

Mengurangi biaya operasional

Tidak hanya itu, e-commerce pun merupakan sebuah solusi bisnis untuk mereka yang memiliki modal yang tidak begitu banyak. Hal ini disebabkan karena biaya operasional seperti karyawan dan toko offline bisa lebih ditekan.

Target pemasaran yang tersegmentasi

Untuk target pemasarannya juga dapat tersegmentasi dengan baik, artinya ialah para pebisnis e-commerce memiliki akses ke setiap data pelanggan dan mempunyai kesempatan mensurvey kebiasaan mereka yang nantinya dapat membantu strategi marketing yang ingin digunakan.

Persediaan stok barang yang lebih mudah

Sedangkan manfaat lain dari e-commerce yaitu kemudahan para pelanggan dalam melakukan penyediaan stok barang. Dalam hal ini kemudahan dalam pembelian dan pengiriman produk menjadi nilai lebih dari sebuah bisnis e-commerce.

Itulah 6 manfaat dari bisnis e-commerce yang bisa didapat oleh para pelaku bisnis. Salah satu e-commerce yang kini ada di Indonesia yang menjadi solusi bagi para supplier dan reseller adalah Tokodistributor. Menyediakan sebuah platform untuk para supplier dan reseller terbaik, inilah sebuah e-commerce Indonesia yang akan menjadi solusi sekaligus mitra untuk semua orang yang ingin berusaha.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: