7 Bentuk Bisnis Online

Istilah bisnis online dan bentuk bisnis online sekarang memang bukan menjadi hal yang baru lagi. Bahkan bisa dikatakan jika berbisnis secara online menjadi sesuatu yang umum dan semakin diminati oleh banyak orang. Bicara mengenai bisnis online itu sendiri, inilah sebuah bisnis yang transaksinya dilakukan via online. Mulai dari pemesanan barang hingga pembayarannya semuanya dilakukan oleh penjual dan pembeli tanpa harus bertatap muka secara langsung. Kemudian, bisnis online ini pun memiliki beberapa bentuk yang sebaiknya kamu ketahui khususnya bagi yang tertarik untuk memulai sebuah bisnis online. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan mengenai hal tersebut pada paragraf berikut.

B2B (Business to Business)

B2B atau Business to Business merupakan bentuk bisnis secara online antara perusahaan dan perusahaan. Jadi dalam hal ini produk yang ada ditawarkan bukan kepada end user atau produk yang ada akan digunakan dengan tujuan untuk bisnis seperti pengadaaan peralatan kantor dan lainnya. Bagi kamu yang ingin menjadi reseller, kamu harus mencari platform B2B terbaik.

B2C (Business to Consumer)

Untuk bentuk bisnis online kedua ialah Business to Consumer atau B2C. Bentuk bisnis online yang satu ini menghubungkan antara perusahaan atau produsen dengan konsumen atau end user. Di Indonesia sendiri, jenis B2C merupakan yang paling terkenal karena presentase penggunaan gadget yang semakin tinggi.

C2C (Consumer to Consumer)

Sedangkan C2C atau disebut juga dengan Consumer to Consumer, bisnis online yang satu ini menghubungkan konsumen dengan konsumen. Nantinya, konsumen akan menjual produknya kepada konsumen lain.

C2B (Consumer to Business)

Bicara mengenai bentuk selanjutnya, inilah yang disebut dengan C2B atau Consumer to Business. Cara kerja bisnis ini ialah saat seseorang menawarkan jasa kepada perusahaan, misalnya saja adalah seorang website designer yang menawarkan jasanya melalui platform yang dimilikinya kepada perusahaan-perusahaan.

B2A (Business to Administration)

Untuk bentuk bisnis online Business to Administration (B2A), dalam hal ini pihak yang berkaitan adalah perusahaan dengan administrasi publik. Beberapa contohnya adalah antara perusahaan dengan layanan publik mulai dari pajak, asuransi dan lainnya.

C2A (Consumer to Administration)

Jika B2A merupakan bisnis online antara perusahaan dengan administrasi public, maka C2A adalah bisnis yang berkaitan dengan consumer dan administrasi publik. Pembayaran pajak, asuransi dan lainnya disini dilakukan atas nama individu bukan lagi perusahaan.

O2O (Online to Offline)

Adapun O2O yang dikenal sebagai bisnis online to offline sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan bisnis online ke offline atau konvensional. Salah satu contohnya adalah saat reseller membeli barangnya secara online kemudian menjualnya kembali secara offline kepada konsumen atau end user.

Tokodistributor Sebagai E-Commerce B2B

Saat ini, di Indonesia sendiri salah satu bentuk bisnis online yang berkembang cukup pesat ialah B2B (Business to Business). Dari berbagai e-commerce B2B yang ada di Indonesia, Tokodistributor merupakan sebuah platform yang mempertemukan supplier dan reseller terbaik. Untuk kamu yang tertarik merintis sebuah bisnis online, platform yang satu ini merupakan pilihan terbaik sebab ada berbagai macam produk dengan kualitas dan harga yang terbaik.

Dengan semua hal diatas, inilah saatnya kamu bergabung dengan Tokodistributor dan menjadi reseller. Tidak perlu khawatir mengenai layanannya karena kamu akan dapatkan banyak pelayanan terbaik yang memudahkan bisnismu. So, what are you waiting for? Let’s join now!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: