Inilah Kelebihan E-Commerce Yang Harus Kamu Tahu

Saat ini perkembangan teknologi semakin maju dan modern, dan hal ini terbukti dari adanya berbagai inovasi teknologi yang diciptakan dengan tujuan untuk mempermudah kehidupan manusia. Bicara mengenai e-commerce sendiri seperti yang kita tahu bahwa kini perkembangan e-commerce memang menjadi salah satu sarana bisnis yang diminati. Bagaimana tidak, adanya berbagai kelebihan e-commerce menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik dengan bisnis tersebut.

Lantas, apa saja kelebihan dari e-commerce itu sendiri? Bagi yang ingin atau tertarik merintis bisnis e-commerce, tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih lanjut mengenai kelebihan dari jenis bisnis ini.

Produk dan layanan bervariasi

Bicara mengenai kelebihan yang pertama ialah adanya produk dan layanan yang bervariasi. Kita bisa lihat jika bisnis e-commerce menawarkan berbagai macam produk mulai dari produk kecantikan hingga otomotif misalnya. Tidak hanya itu, e-commerce yang menawarkan layanan atau jasa juga banyak dengan layanan yang bervariasi.

Mempersingkat rantai distribusi

Sedangkan kelebihan e-commerce yang kedua yaitu e-commerce dapat mempersingkat rantai distribusi. Bagaimana bisa? Jika dalam bisnis konvensional rantai distribusi cenderung lebih panjang karena produk dari produsen bisa langsung didapat oleh para konsumen karena proses pembelian produk tersebut.

Pembayaran lebih mudah

Selain itu, transaksi jual beli pun menjadi makin mudah sebab pembayarannya juga lebih mudah. Penjual dan pembeli tidak perlu bertemu langsung seperti transaksi konvensional karena pembayaran dilakukan secara online.

Brand lebih dekat dengan konsumen

Brand produk pun menjadi lebih dekat dengan konsumen dalam artian para konsumen bisa dapatkan info lebih banyak melalui berbagai iklan di media sosial. Penggunaan media sosial yang semakin umum membuat semua orang bisa mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan dalam bisnis e-commerce. Hal ini jelas sangat menguntungkan para penjual sebab produknya lebih mudah dikenal konsumen.

Peningkatan kualitas layanan

Adapun kelebihan e-commerce selanjutnya adanya peningkatan kualitas layanan. Jika dibandingkan dengan bisnis konvensional, jelas e-commerce menawarkan kualitas layanan yang lebih baik mulai dari layanan pemilihan produk, pembayaran hingga pengiriman produk yang dibeli.

Belanja kapan saja dan dimana saja

Bukan hal baru lagi jika para konsumen bisa belanja produk yang diinginkan kapan saja dan dimana saja. Yang terpenting ialah para konsumen memiliki gadget dengan koneksi internet cepat. Jadi semua konsumen bisa belanja jam berapa pun dia mau dan dimana pun dia berada.

Efisiensi biaya

Kemudian untuk manfaat lainnya dari sebuah bisnis e-commerce yaitu adanya efisiensi biaya yaitu para pebisnis bisa membangun sebuah e-commerce tanpa harus memiliki banyak karyawan. Misalnya saja ialah jika pada toko offline dalam bisnis konvensional kamu membutuhkan pramuniaga, tapi untuk bisnis e-commerce kamu jelas tidak perlu membayar pramuniaga.

Singkatnya, itulah 7 kelebihan e-commerce yang harus kamu ketahui sebelum mulai merintis sebuah bisnis e-commerce ini. Dengan pengetahuan mengenai berbagai kelebihan diatas, tentu saja kini kamu bisa mulai bisnis yang satu ini. Bagi yang masih bingung untuk memulai bisnis e-commerce dari mana, cukup bergabung dengan Tokodistributor. Sebuah e-commerce yang berkonsep B2B dan O2O ini akan membantu semua orang yang ingin berusaha untuk membuka bisnis online impiannya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: