5 Kendala Pebisnis Pemula yang Sering Dihadapi

Banyak orang ingin menjadi seorang pebisnis namun sayangnya hanya sebagian dari mereka yang berhasil menjadi seorang pebisnis yang sukses. Mengapa bisa demikian? Sebenarnya, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Dalam hal ini, adanya berbagai macam kendala yang harus dihadapi oleh para pebisnis khususnya mereka yang masih pemula menjadi penyebab utama mengapa banyak orang mengurungkan niatnya menjadi pebisnis ataupun gagal di tengah jalan. Tahukah kamu apa saja kendala pebisnis pemula yang sering dihadapi? Cek ulasannya pada penjelasan di bawah ini!

Inilah Kendala Pebisnis Pemula

Untuk kamu yang ingin menjadi seorang pebisnis, berikut ada beberapa kendala yang akan dihadapi oleh para pebisnis pemula.

Modal

Kendala pertama yang sering dihadapi oleh para pebisnis pemula adalah soal modal. Bukan sesuatu yang baru lagi jika modal awal merupakan kendala bagi mereka yang baru memulai bisnis. Mereka yang memiliki modal kecil atau bahkan tidak memiliki modal biasanya akan kesulitan untuk mengembangkan bisnisnya. Tidak jarang berhutang menjadi pilihan banyak pebisnis meskipun keberhasilan bisnis tidak bisa dipastikan.

Iklan

Selain itu, kendala pebisnis pemula kedua yang biasanya dihadapi oleh para pebisnis pemula terkait dengan pengiklanan produk yang ditawarkan kepada konsumen. Tentu saja pengiklanan produk menjadi hal yang penting sebab tanpa adanya iklan, para konsumen tidak akan mengetahui adanya penawaran produk atau jasa tersebut. Pengiklanannya pun harus seefektif mungkin sehingga konsumen makin mengenal produk yang ditawarkan.

Jangkauan Market

Sedangkan mengenai kendala lainnya ialah jangkauan market atau pasarnya. Agar produk dan jasa yang ditawarkan makin dikenal oleh masyarakat jelas kamu perlu memperluas jangkauan market bisnis kamu. Banyak bisnis yang pada akhirnya gagal karena jangkuan market yang kurang luas dan ini masyarakat kurang mengetahu adanya produk atau jasa yang ditawarakan.

Keterbatasan Teknologi

Seperti yang kita tahu bahwa saat ini perkembangan teknologi yang semakin maju dan modern memberikan kemudahan kepada para pebisnis untuk mengembangkan bisnisnya. Sayangnya tidak semua pebisnis menguasai teknologi sehingga keterbatasan teknologi tersebut menjadi sebuah kendala tersendiri bagi para pebisnis pemula.

SDM (Sumber Daya Manusia)

Tidak kalah penting dari poin-poin sebelumnya, untuk kendala pebisnis pemula lain yang biasanya dihadapi oleh para pebisnis pemula yaitu SDM (sumber daya manusia) yang kurang. Dalam hal ini, sebuah bisnis dapat dijalankan dengan baik apabila didukung dengan SDM yang berkualitas pula. Namun karena keterbatasan SDM tersebut, tidak jarang jika banyak bisnis baru yang gulung tikar.

Itulah beberapa kendala pebisnis pemula yang sering dihadapi yaitu masalah modal, iklan, jangkauan market, keterbatasan teknologi dan SDM atau sumber daya manusia. Apabila kamu mengalami berbagai kendala yang disebutkan diatas, tokodistributor merupakan solusi yang paling tepat. Di platform B2B inilah kamu bisa memulai sebuah bisnis impianmu. Tidak perlu pusing atau bingung mengenai berbagai kendala diatas, yang harus kamu lakukan disini ialah bergabung menjadi reseller Tokodistributor saja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: