Apa Sih Perbedaan Bisnis Online dan Bisnis Konvensional?

Apa sih perbedaan bisnis online dan bisnis konvensional? Bicara mengenai bisnis, terdapat 2 jenis bisnis yang kita kenal yaitu bisnis konvensional dan bisnis online. Bisnis konvensional sendiri merupakan bisnis yang dilakukan dengan cara konvensional atau cara lama sedangkan bisnis online adalah bisnis yang berkembang karena adanya kecanggihan teknologi saat ini. Jadi bisnis online ini dilakukan dengan menggunakan teknologi yang ada. Untuk kamu yang ingin berbisnis, sekarang kesempatan berbisnis secara online semakin terbuka lebar apalagi dengan adanya platform Tokodistributor. Meskipun bisnis online semakin berkembang, namun tidak ada salahnya jika kamu memahami ulasan tentang bisnis online dan konvensional berikut ini.

Kemudahan yang ditawarkan bisnis online memang telah membuat banyak pebisnis mulai melirik bisnis online. Bahkan tidak jarang juga para pebisnis pemula juga lebih memilih bisnis online daripada bisnis konvensional. Lantas, apa saja perbedaan bisnis online dan bisnis konvensional?

Tempat usaha

Perbedaan pertama antara bisnis online dan konvensional ialah dari tempat usahanya. Dalam hal ini bisnis konvensional tentu membutuhkan tempat sperti toko atau lapak untuk menawarkan produk atau jasa kepada para konsumen. Sebaliknya kamu tidak perlu pusing masalah sewa tempat usaha jika ingin berbisnis secara online karena tempat usaha bisnis online adalah website dan media sosial. Nantinya proses jual beli akan dilakukan secara online juga sehingga proses transaksi lebih simple dan cepat.

Modal usaha

Selain masalah tempat usaha, perbedaan bisnis online dan bisnis konvensional lain yang harus kamu tahu ialah mengenai masalah modal usaha. Kebanyakan orang berpikir jika merintis sebuah usaha harus memiliki modal yang besar. Anggapan ini tentu tidak sepenuhnya salah karena dalam bisnis konvensional, kamu tidak dapat memulai sebuah bisnis tanpa modal yang terbilang besar. Katakanlah modal untuk sewa tempat usaha, gaji karyawan dan lainnya. Akan tetapi, bisnis online dapat dimulai dengan bisnis yang lebih sedikit. Hal ini disebabkan karena kamu bisa mulai berjualan misalnya melalui media sosial yang kamu miliki ataupun dari website.

Cara kerja

Untuk masalah cara kerjanya, hampir semua bisnis konvensional harus dilakukan di toko offline sehingga kamu harus memiliki jadwal untuk datang ke toko. Sebaliknya jika kamu memilih bisnis online maka kamu memiliki wkatu yang fleksibel dalam mengurus bisnismu. Kapanpun dan dimanapun kamu berada, kamu bisa mengecek penjualan atau membalas berbagai pertanyaan dari konsumen. Maka dari itu kamu bisa memiliki waktu lebih untuk melakukan aktivitas lain yang kamu inginkan.

Metode promosi

Ada juga hal lain yang menjadi perbedaan bisnis online dan bisnis konvensional yaitu dari cara promosi bisnisnya. Tentu saja untuk bisnis konvensional, cara promosi dilakukan secara konvensional juga misalnya ialah dengan menyebar brosur ataupun promosi melalui mulut ke mulut. Sedangkan untuk bisnis online kamu akan memanfaatkan teknologi yang ada misalnya ialah dengan menggunakan media sosial yang kamu miliki ataupun menggunakan jasa iklan dari media sosial agar produkmu lebih dikenal.

Dari semua perbedaan bisnis online dan bisnis konvensional diatas, apa bisnis yang akan kamu pilih? Bagi yang ingin mmulai bisnis online, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah bergabung dengan Tokodistributor. Inilah platform B2B yang khusus dibuat untuk para supplier dan reseller di seluruh Indonesia. Jadi, untuk kamu para supplier kamu bisa makin mengembangkan bisnismu disini. Adapun bagi yang ingin memulai sebuah bisnis, kamu bisa mendaftar sebagai reseller. Caranya pun mudah, kamu cukup klik link https://tokodistributor.com/supplier-register untuk supplier atau link https://tokodistributor.com/register untuk reseller. So, segera gabung dan mulailah bisnismu disini.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: