Tahukah Kamu Tentang Jenis-Jenis Batik di Indonesia?

Batik merupakan ikon budaya Indonesia yang sudah masuk dalam daftar representative UNESCO sebagai budaya tak-benda warisan manusia. Di Indonesia sendiri, telah ada hari batik yang dirayakan setiap tanggal 2 Oktober untuk melestarikan kain peninggalan leluhur kita ini. Meskipun namanya sama-sama batik, tetapi Indonesia ternyata memiliki banyak jenis dan motif sehingga kamu bisa membedakan jenis batik dari daerah satu dengan lainnya karena setiap daerah pasti memiliki ciri khas dari corak batik tersendiri.

Batik Pekalongan

Batik Pekalongan adalah jenis batik yang datangnya dari kota yang terkenal dengan nama kota batik. Kota Pekalongan memiliki beberapa motif batik yang berbeda seperti motif jlamprang, buketan, semen dan lainnya. Yang menjadi ciri khas batik pekalongan adalah kentalnya nuansa alam dalam motifnya seperti gambaran hewan dan tumbuhan. Karena Pekalongan dulu menjadi tempat transit para pedagang dunia, motif batikpun ikut mengadopsi budaya luar dari adat negara lain seperti motif Liong yang merupakan batik dengan motif perpaduan antara budaya local dan etnis China.

Batik Solo

Batik Solo juga merupakan salah satu jenis batik di Indonesia yang cukup terkenal selain batik Pekalongan. Batik yang sudah ada dari berabad-abad lalu ini memiliki kombinasi warna cokelat muda dengan motif bunga dan aksen titik-titik, lengkungan dan garis yang elegan yang memancarkan keindahan dari motif batik satu ini. Ada banyak nama motif yang dikenal dari Solo seperti motif kawung dengan bentuk bulat-bulat seperti kolang-kaling, ada motif parang yang membentuk susunan huruf S yang saling menjalin, dan juga motif truntum yang memiliki motif bunga melati bertamburan diatas kainnya.

Batik Bengkulu

Selain dari Pulau Jawa, jenis batik di Indonesia juga datang dari pantai barat pulau Sumatera yaitu kota Bengkulu. Batik di kota bengkulu dikenal sebagai batik yang memiliki motif yang sangat sesuai dengan ciri khas dari kota ini seperti motif besurek yang menyuguhkan motif huruf arab atau kaligrafi yang disandingkan dengan bunga raflesia arnoldi yang merupakan tumbuhan khas dari kota ini. Ada juga motif beremis yang memiliki motif burung wallet karena Bengkulu juga dikenal sebagai sentra burung walet di Indonesia.

Batik Kalimantan

Jenis batik terakhir datangnya dari pulau Kalimantan. Motif batik dari pulau ini terkenal dengan ragam warnanya yang berani dan mencolok dengan penggunaan warna pastel seperti hijau, pink, oranye, dan merah. Ada beberapa motif batik yang muncul dari beberapa bagian pulau Kalimantan seperti motif sasirangan yang datangnya dari Kalimantan Selatan yang memiliki motif jelujur benang, dan motif benang bintik dari Kalimantan tengah yang turut menggambarkan kebudayaan dari suku dayak yang banyak di temui di Pulau Kalimantan.

Manakah batik favoritmu? Jika kamu pecinta batik, kamu bisa temukan berbagai supplier batik di Tokodistributor sehingga kamu bisa menjual kembali berbagai macam batik itu kembali. Untuk itu, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah bergabung menjadi RESELLER Tokodistributor. Dengan berbagai macam kemudahan yang ditawarkan kamu bisa menjadi seorang pebisnis sukses disini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: