Suka Ngantuk Setelah Buka Puasa? Berikut Tips Untuk Mencegahnya

Untuk orang yang berpuasa, buka puasa menjadi waktu yang paling ditunggu-tunggu. Setelah berbuka, banyak orang kembali bersemangat melakukan aktivitasnya. Namun, tidak jarang juga jika setelah berbuka mereka justru merasakan kantuk karena kekenyangan. Jika telah begini, kamu pasti akan malas untuk pergi tarawih dan lebih memilih untuk tidur. Agar kamu tidak mengantuk setelah berbuka puasa, yuk simak langsung beberapa tipsnya di bawah ini.

Jangan Makan Berlebih Saat Berbuka

Kalau sudah mendengar adzan, biasanya orang akan langsung menyerbu semua makanan di atas meja. Padahal makan berlebihan saat berbuka membuat seseorang menjadi mudah mengantuk. Mulailah dengan membatalkan puasa dengan minum lalu makan sedikit takjil terlebih dahulu. Setelah itu, jangan langsung makan berat. Ambilan air wudhu sehingga kamu menjadi lebih segar dan tunaikan ibadah sholat maghrib. Setelah itu baru kamu boleh makan berat secukupnya saja, bila masih lapar kamu bisa makan kembali setelah selesai sholat tarawih.

Mandi Sore

Biasakan menyempatkan diri untuk mandi di sore hari setidaknya satu jam sebelum berbuka puasa. Dengan mandi sore, badanmu akan kembali segar sehingga kamu tidak akan merasa mengantuk setelah berbuka puasa. Jika kamu tidak sempat mandi sore, kamu bisa mencuci mukamu dengan air hangat jadi badanmu akan ikut rileks dan tenang juga fresh  jadi kamu akan jauh-jauh dari rasa kantuk yang biasa hadir sehabis maghrib.

Hindari Makanan Tinggi Sodium

Makanan asin dan gurih memang sangat enak untuk dimakan, tetapi disaat berbuka puasa usahakan untuk tidak makan makanan yang tinggi sodium sehingga kamu tidak akan mengantuk setelah berbuka. Kandungan sodium yang tinggi dalam makanan akan menarik air sehingga membuat tubuh menjadi berat dan lelah karena kelebihan air. Makanlah makanan yang mengandung garam alami dan tidak berlebihan yang baik untuk kesehatan sehingga badanmu akan lebih fit dan tekanan darahpun normal.

Jangan Minum Minuman Berkarbonasi

Kalau kamu hobi minum minuman berkarbonasi, sebaiknya di bulan ramadan kamu hindari dulu ya minuman yang satu ini. Minuman berkarbonasi atau soda bisa menyebabkan ngantuk setelah kamu minum saat berbuka karena minuman ini mengandung udara yang cukup banyak yang bisa mengumpul dalam perut. Hal ini dapat menyebabkan perut terasa penuh dan ujung-ujungnya rasa kantuk pun tak dapat dihindari. Minumlah minuman yang sehat dan hangat ketika kamu berbuka seperti air bening, air teh, atau susu.

Apabila kamu melakukan semua tips di atas, saatnya kamu say goodbye untuk kantuk yang menyerang setelah berbuka. Kamu pun bisa menjalankan salat maghrib dan tarawih dengan lebih bersemangat. Agar makin bersemangat lagi, bergabunglah dengan Tokodistributor.com, platform e-commerce B2B ini jelas akan membantumu dapatkan pendapatan tambahan dengan menjadi seorang pebisnis. Jadi, yuk buruan gabung hanya dengan klik link RESELLER ini!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: