Apa Saja Sih Persiapan Mudikmu?

Hal yang paling identik dengan lebaran di Indonesia adalah tradisi pulang ke kampung halaman alias mudik. Momen idul fitri yang datangnya satu tahun sekali memang dijadikan waktu untuk berkumpul dengan keluarga besar. Untuk kamu yang akan mudik, kamu jangan lupa dengan persiapannya agar mudikmu makin safety dan menyenangkan. Tentu saja banyak hal yang perlu kamu perhatikan sebelum berangkat agar perjalananmu lancar. Apa saja sih hal yang harus kamu persiapkan sebelum mudik?

Menentukan Transportasi Mudik

Sebelum mudik, menentukan transportasi yang akan kamu gunakan merupakan hal yang sangat penting. Jika kamu melakukan perjalanan jauh, ada baiknya kamu memilih alat transportasi umum. Selain lebih efisien, kamu juga akan lebih santai karena tidak perlu menyetir. Namun jika memilih memakai kendaraan pribadi, pastikan untuk mengecek kondisi kendaraan untuk menghindari resiko kecelakaan dalam perjalanan.

Daftar Barang Bawaan

Persiapan mudikmu selanjutnya ialah membuat daftar barang bawaan. Sebelum melakukan perjalanan, kamu harus membuat list barang-barang yang kira-kira akan kamu butuhkan selama mudik. Dari list yang kamu buat, kamu bisa membaginya sesuai dengan tingkat kebutuhan, mana barang yang penting dibawa dan mana yang tidak. Jangan bawa barang yang memang tidak terlalu penting.

Kondisi Kesehatan

Jika kendaraan mudik dan barang bawaan sudah beres, kamu juga harus cek kesehatanmu. Perjalanan panjang yang kamu tempuh selama mudik itu membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Jangan sampai kamu kurang fit saat mudik sehingga niat berkumpul dengan keluarga pun tidak sesuai dengan ekspektasi. Pastikan untuk mendapatkan cukup tidur dan mengkonsumsi makanan bergizi sebelum berangkat.

Uang Tunai

Zaman sekarang orang lebih suka memakai e-money atau uang non-tunai karena dianggap lebih praktis, tetapi hal ini tidak berlaku untuk perjalanan mudik. Sebagai persiapan mudikmu, kamu wajib mempunyai uang cash di dompet untuk jaga-jaga jika hal urgent terjadi di perjalanan. Akan sangat menyusahkan jika kamu tidak punya uang cash saat menghadapi kejadian yang tidak terduga lalu tidak ada atm atau mesin gesek kartu saat itu.

Bawa Bekal Makanan & Minuman

Persiapan mudikmu yang terakhir adalah membawa bekal untuk perjalanan. Jika kamu melakukan perjalanan saat puasa, kamu tidak perlu bingung untuk membatalkan puasa di jalan. Mencari tempat makan yang tersedia saat berbuka terkadang sulit sehingga membawa bekal akan menjadi pilihan yang tepa. Namun jika kamu tidak berpuasa saat mudik, sebaiknya kamu tetap bawa bekal makanan dan minuman secukupnya ya.

Apakah kini kamu siap untuk perjalanan mudikmu? Satu hal lagi yang juga kamu harus persiapkan yaitu uang THR untuk para keponakan. Untuk itu, yuk gabung sekarang dengan Tokodistributor.com menjadi RESELLER ataupun SUPPLIER bagi yang telah memiliki usaha. Klik linknya sekarang dan dapatkan berbagai macam kemudahan berbisnis di platform ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: