4 Tradisi Unik Idul Fitri di Berbagai Belahan Dunia

Banyak tradisi Idul Fitri yang bisa kamu temui di Indonesia karena negara kita ini merupakan negara dengan mayoritas penduduk beragama islam. Maka tak heran jika Indonesia terkenal memiliki banyak tradisi lebaran seperti membuat ketupat dan mudik ke kampung halaman. Nah, jika kamu sudah tahu tradisi apa saja yang ada di Indonesia, kamu juga perlu tahu tradisi Idul Fitri di berbagai belahan dunia yang penduduk muslimnya bukan sebagai kaum mayoritas. Ada tradisi apa dan dari negara mana saja? Yuk, kamu simak ulasannya di bawah ini.

Afrika Selatan

Penduduk muslim Afrika memiliki tradisi lihat hilal bersama yang akan dilakukan di malam mendekati lebaran. Jika di Indonesia melihat hilal biasanya dilakukan oleh menteri agama, maka di Afrika semua penduduk muslim akan pergi ke Cape Town atau tepatnya ke puncak Green Point untuk menyaksikan hilal dengan mata mereka sendiri. Jika mereka sudah melihat hilalnya, mereka akan kembali ke rumah untuk buka bersama dengan keluarga bersar mereka sebagai sambutan Idul Fitri esok hari.

Turki

Jika tradisi pembagian permen biasanya identik dengan Halloween, Turki membuat tradisi ini menjadi tradisi Idul Fitri mereka. Hamper sama seperti hallowen, dimalam seker baryam, anak-anak Turki akan mengunjungi rumah-rumah untuk meminta permen, gulali, atau makanan manis. Setiap keluarga disana juga memang sudah menyiapkan banyak sweets yang akan dibagikan kepada anak-anak juga sebagai sambutan untuk para keluarga yang berkunjung ke rumah mereka.

Australia

Sebagai negara dengan kaum muslim yang masih minoritas, tradisi Idul Fitri di Australia bisa dianggap segai salah satu bentuk toleransi beragama. Di hari Idul Fitri, para kaum muslim akan membuat acara pekan raya multicultural dengan mengundang para warga beda agama untuk ikut merayakan Idul Fitri dengan cara makan bersama. Di acara pekan raya ini, akan disajikan beragam menu khas lebaran juga jajakan khas Australia yang akan dinikmati bersama-sama.

China

Di China, terdapat banyak etnis dan etnis Uighur dan Hui merupakan etnis yang penduduknya beragama muslim. Tradisi Idul Fitri di negara tirai bamboo ini cukup mirip dengan tradisi yang ada di Indonesia yaitu ziarah kubur. Di hari raya, penduduk akan berkunjung ke makam Sayyid Ajjal Syams Al Din Omar yang merupakan gubernur pertama yang menyebarkan agama Islam. Dalam kunjungan makam ini, para muslim China akan membaca ayar Al-Quran yang disambung dengan mengunjungi makam kerabat-kerabat mereka.

Kini kamu sudah tahu beberapa tradisi unik umat muslim saat Idul Fitri di beberapa negara minoritas muslim, bukan? Meskipun memiliki cara perayaan yang berbeda, Idul Fitri jelas menjadi momen yang ditunggu semua umat muslim di dunia. Sama halnya dengan kesempatan menjadi pebisnis bersama Tokodistributor.com. Kini untuk kamu yang ingin menjadi seorang pebisnis handal, jangan buang kesempatanmu bergabung dengan e-commerce ini. Yuk daftar menjadi RESELLER ataupun SUPPLIER sekarang. Caranya mudah, kamu cukup klik linknya saja!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: