Tahukah Kamu? Sejarah Piala Dunia

Demam Piala Dunia ada dimana-mana! Pagelaran sepak bola 4 tahunan ini memang sekarang sedang bergulir di Rusia sekarang. Tapi tahukah kamu sejarah Piala Dunia? Nah, selain berita perkembangan dari pertandingan sepak bola internasional ini, yuk simak sejarah piala dunia yang diulas dibawah ini supaya kamu ga cuma update tentang berita terkini tapi juga paham bagaimana piala dunia terbentuk.

Digagas oleh Jules Rimet

Sejarah piala dunia FIFA pertama kali muncul karena gagasan dari presiden ketiga FIFA yang juga menjadi orang terlama yang menduduki posisi presiden FIFA yaitu Jules Rimet. Rimet yang ingin menaikan pamor sepak bola internasional mengungkapkan ide untuk membuat kompetisi sepak bola yang diikuti tim diseluruh dunia untuk pertama kali. Pada tahun 1930, piala duniapun digelar pertama kali di Uruguay dengan diikuti oleh 13 tim yang bertanding.

Pemilihan Tuan Rumah Pertama

Saat kongres di Amsterdam pada tahun 1928, ide tentang kompetisi piala duniapun diungkapkan dan 5 negara mengajukan diri sebagai tuan rumah pertama untuk piala dunia. 5 negara yang mengajukan diri yaitu Hungaria, Spanyol, Swedia, Italia, dan Belanda. Namun, setelah menimbang bahwa Uruguay telah berhasil menjadi juara kompetisi sepak bola sebelumnya sebanyak 2 kali, maka FIFA menetapkan Uruguay sebagai tuan rumah pertama piala dunia. Selain karena factor juara, Uruguay juga dipilih karena Negara ini siap menanggung semua biaya akomodasi tim yang bertanding.

Jumlah Tim yang Bertanding

Selain penggagas dan tuan rumah, jumlah tim yang bertanding untuk piala dunia juga merupakan salah satu sejarah dari piala dunia. Pada awal piala dunia, hanya ada 13 tim yang turut meramaikan ajang ini karena pada saat itu Eropa sedang dilanda krisis ekonomi yang membuat beberapa Negara mengundurkan diri dari pertandingan. Dari 13 tim, Eropa hanya menyumbangkan 4 tim yaitu Perancis, Belgia, Rumania, dan Yugoslavia. Sisa 9 tim yang bertanding didapatkan dari Amerika berjumlah 7 tim, dan 2 tim dari Amerika Utara.

Penambahan Tim

Setelah menyelesaikan ajang piala dunia pertama kali pada tahu 1930, piala duniapun mulai meroket namanya. Yang tadinya hanya diikuti oleh 13 tim, semakin lama semakin banyak pula negara-negara yang ingin ikut andil dalam kompetisi tersebut. Pada tahun 1982 tim yang berkompetisipun bertambah menjadi 24 tim, dan saat ini menjadi 32 tim yang dikumpulkan setelah melewati kualifikasi yang datang dari berbagai belahan dunia bukan hanya Eropa dan Amerika saja tetapi termasuk Asia dan Afrika.

Khusus untuk kamu para pecinta bola, kini kamu tentu sudah tahu sejarah ajang sepak bola yang satu ini, bukan? Agar kamu tidak hanya menjadi supporter tim kesayanganmu, tidak ada salahnya jika kamu memanfaatkan momen ini untuk mengembangkan bisnis. Caranya sangat mudah! Kamu cukup bergabung dengan Tokodistributor.com dan jadilah SUPPLIER ataupun RESELLER. Jangan sampai ketinggalan, yuk klik linknya dan jadilah pebisnis hebat bersama kami sekarang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: