Buat Bisnismu Berumur Panjang dengan Kiat Ini!

Seperti yang kita tahu bahwa banyak orang mencoba untuk membuka bisnis sendiri. Hanya saja tidak semua bisnis tersebut bisa bertahan lama. Tidak jarang juga banyak diantaranya adalah bisnis latah atau yang hanya ikut-ikutan karena kesuksesan salah satu pebisnis. Jika kamu ingin bisnismu berumur panjang, ada baiknya jika kamu pahami beberapa kiatnya di bawah ini.

Kiat Agar Bisnis Berumur Panjang

Pisahkan pengeluaran pribadi dan bisnis

Pisahkan pengeluaran pribadi dan bisnis

Pisahkan pengeluaran pribadi dan bisnis

Kiat yang pertama ialah kamu wajib memisahkan pengeluaran pribadi dan bisnis. Jika kamu ingin memiliki bisnis dengan umur panjang, perhatikan antara mana pengeluaran pribadi dan bisnis. Untuk mempermudahmu, ada baiknya kamu pisahkan antara rekening pribadi dan bisnis. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk membuat laporan keuangan bisnismu. Apabila kamu tidak memisahkan antara rekening bisnis dan pribadi, jelas kamu akan kesulitan untuk menghitung laporan keaungan bisnismu. Padahal dari laporan keuangan inilah kamu bisa tahu apakah strategi bisnis yang telah diterapkan membuahkan hasil atau tidak.

Mengatur anggaran bisnis

Mengatur Anggaran Bisnis

Mengatur Anggaran Bisnis

Tidak hanya memisahkan pengeluaran pribadi dan bisnis, hal lain yang harus kamu pahami ialah cara mengatur anggaran bisnis. Buatlah anggaran bisnis yang jelas agar kamu bisnismu bisa berjalan dengan lancar. Anggaran bisnis yang berlebihan dan tidak disesuaikan dengan kebutuhan bisnis akan membuat pengeluaran tidak efektif dan jelas merugikan.

Perhatikan karyawan

Perhatikan karyawan

Perhatikan karyawan

Karyawan adalah asset karena itulah kamu harus benar-benar memperhatikannya. Sebuah bisnis yang besar tentu saja tidak akan pernah lepas dari kinerja karyawan-karyawannya. Pastikan jika kamu memberikan hak para karyawan dan memberikan apresiasi terhadap perkerjaan yang telah mereka lakukan. Apresiasi yang diberikan oleh perusahaan jelas akan memberikan dampak positif terhadap karyawan itu sendiri, misalnya ialah karyawan akan loyal terhadap perusahaan hingga peningkatan kinerja. Ingat, karyawan tidak hanya akan membantumu membangun bisnis tapi juga mengembangkannya.

Membayar dan menagih tagihan tepat waktu

Membayar dan menagih tagihan tepat waktu

Membayar dan menagih tagihan tepat waktu

Masalah tagihan juga jangan sampai disepelekan sebab banyak pebisnis yang kurang memperhatikan hal ini khususnya untuk masalah membayar tagihan seperti tagihan pajak. Perhatikan untuk selalu membayarnya tepat waktu agar bisnismu tidak akan mendapatkan masalah. Selain membayar tagihan tepat waktu, kamu juga wajib menagih tagihan ke konsumen dengan tepat waktu juga. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua konsumen dengan serta merta membayar tagihannya tepat waktu sehingga kamu harus menagihnya agar perusahaanmu tetap berjalan dengan baik.

Itulah 4 kiat penting yang wajib kamu perhatikan jika ingin bisnismu bertahan lama. Tentu kamu ingin jika bisnismu menjadi besar, bukan? Karena itulah, untuk mewujudkannya kamu harus memulainya sekarang di Tokodistributor. Inilah digital platform B2B yang akan membantu semua pebisnis mulai dari yang berpengalaman hingga pemula. Terdapat berbagai produk harga grosir tangan pertama yang siap untuk kamu jual kembali. Segera join Tokodistributor sekarang dan buat bisnismu berumur panjang dengan kiat diatas!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: