Kunci Sukses Menggunakan Facebook Ads untuk Mendukung Bisnismu

Perkembangan zaman yang semakin canggih memang sangat berpengaruh pada perkembangan tren bisnis yang ada. Tidak bisa dipungkiri jika saat ini media sosial bukan hanya menjadi media untuk berkomunikasi tapi telah menjelma sebagai pendukung bisnismu dengan adanya facebook ads atau dikenal juga sebagai facebook marketing. Untuk kamu para pebisnis online, kamu tentu telah mengetahui tentang fitur ads ini, bukan?

Ya, facebook advertising kini telah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis karena sangat membantu dalam hal pengenalan brand hingga peningkatan omset jualan. Namun, kamu jangan menggunakan facebook ads ini tanpa mengetahui tipsnya. Salah-salah, kamu justru menghabiskan uangmu untuk fb ads tanpa hasil.

Kunci sukses menggunakan facebook ads

Kunci sukses menggunakan facebook ads

Agar kamu terhindar dari hal tersebut, lebih baik cek tips menggunakan facebook ads berikut ini. Jangan lupa catat poin-poin pentingnya ya.

1. Cari tahu karakter target audience

Hal pertama yang wajib kamu ketahui ialah mencaritahu karakter dari target audience bisnismu. Banyak orang berpikir jika semakin luas target audience yang dipilih maka peluang produk yang terjual akan semakin tinggi. Padahal cara kerjanya tidaklah seperti itu, kamu harus menentukan terlebih dahulu target market atau audience yang ingin kamu capai sebelum kamu menggunakan facebook ads ini.

Bagaimana cara menentukan target audience? Pilihlah target audience yang spesifik seperti usia, jenis kelamin, lokasi, waktu iklan hingga gadget yang digunakan audience. Kamu dapat menentukan itu semua berdasarkan dari produk yang kamu jual. Misalnya ialah kamu menjual produk kecantikan maka target audiencemu ialah para wanita dengan rentan umur tertentu dan tinggal di daerah tertentu.

Setelah itu tentukan pula karakter dari audienmu agar kamu sebaiknya melakukan riset. Bisa menggunakan beberapa pertanyaan berikut:

– target audience tertarik hal apa?

– mereka itu seperti apa dilihat dari umur dan jenis kelamin?

– pekerjaan atau profesi mereka?

– website yang sering dikunjungi?

– gadget yang mereka gunakan?

Kamu juga bisa menambahkan pertanyaan-pertanyaan lain yang lebih spesifik dan tentunya tetap relevan dengan produk yang kamu jual.

2. Manfaatkan fitur yang tersedia di facebook ads

Untuk tips kedua ialah kamu manfaatkan fitur-fitur yang ada di facebook ads. Dengan memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang ada termasuk fitur barunya, kamu bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Seperti yang kita tahu jika facebook konsisten dalam mengembangkan facebook ads ini sehingga kamu pun bisa mendapatkan berbagai fitur baru yang akan sangat mendukung bisnismu.

Beberapa fitur yang bisa kamu gunakan ialah:

– Lookalike Audiences : fitur ini akan membantumu menciptakan target baru yang memiliki karakter hampir sama dengan audience lama. Kamu jelas tidak perlu lagi pusing untuk memilih target audience lagi karena dengan menggunakan fitur tersebut kamu bisa menciptakan target audience baru. Namun, pastikan jika kamu telah memiliki datanya terlebih dahulu ya.

– Retargeting : Untuk fitur kedua yang bisa kamu temukan di facebook ads ialah retargeting. Dari namanya kamu sudah mengetahui fungsi dari fitur ini, bukan? Ya, jika kamu menggunakan fitur ini kamu bisa membidik ulang target audience sebelumnya. Dalam hal ini, orang-orang yang sebalumnya pernah mengunjungi website anda akan melihat iklan anda kembali.

– Custom Audience : Fitur lain yang tidak kalah menarik untuk kamu coba ialah custom audience. Untuk fitur ini, kamu bisa mendapatkan target audience dengan lebih mudah. Misalnya saja ialah kamu memiliki data customer dan dengan memasukkan data tersebut facebook akan secara otomatis memilah mana customer yang memiliki akun facebook sekaligus aktif.

– Conversion Tracking : Jika kamu menggunakan fitur ini, kamu baisa dengan mudah mengetahui jumlah orang yang telah memasukkan produkmu di keranjang belanja. Dengan begitu kamu bisa mengukur efektivitas dari iklan yang telah kamu buat di facebook ads.

Kamu jelas bisa menggunakan fitur lainnya, tapi dengan catatan kamu telah benar-benar memahami fungsi fitur tersebut agar iklan yang telah kamu buat akan efektif.

3. Perhatikan pemilihan ads

Apabila kamu ingin memaksimalkan penggunaan facebook ads untuk bisnismu, maka kamu harus memperhatikan ads apa yang akan kamu pilih. Dalam facebook ada berbagai macam jenis ads yang jelas memiliki tujuan dan fungsi yang berbeda. Oleh karena itu, kamu sebaiknya mengetahui terlebih dahulu ads yang terdapat dalam facebook ads ini.

Agar tidak salah pilih ads, hal pertama yang harus kamu lakukan jelas mengetahui fungsi dari setiap jenis ads yang ada terlebih dahulu. Beberapa ads yang bisa kamu pilih ialah click to website, events, apps, pages likes, website conversion dan post pages engagements. Setiap ads tersebut memiliki tujuan yang berbeda dan jika kamu memilih ads yang salah jelas hal tersebut akan berdampak buruk pada bisnis yang sedang kamu jalankan.

Sedangkan yang kedua adalah kamu pilih ads yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu. Misalnya saja ialah kamu menjual barang di website dan ingin mendapatkan lebih banyak pembeli. Maka ads yang paling tepat ialah ads yang membantumu untuk menggiring audience melakukan klik ke websitemu.

4. Buat iklan yang menarik

Iklan yang akan kamu tampilkan di facebook ads juga akan sangat memperngaruhi hasil iklan yang kamu lakukan. Banyak pebisnis yang mengetahui bagaimana cara menggunakan facebook ads ini secara teknik, tapi hasilnya kurang memuaskan. Apa yang salah? Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena iklan yang dibuat memang kurang menarik audience.

Seperti sebuah kesatuan, teknik penggunaan facebook ads saja tidak akan cukup membantumu untuk mendapatkan hasil yang diinginkan. Kamu juga perlu memperhatikan iklan yang kamu buat, bagaimana komposisinya dan komponen apa saja yang harus ada.

Agar iklan yang kamu buat terlihat lebih menarik untuk para audience, ada baiknya jika kamu memperhatikan 2 komponen utamanya yaitu teks dan gambar. Artinya adalah kamu wajib menambahkan gambar dan teks dalam iklanmu. Jika salah satu komponen tidak terpenuhi bisa dipastikan jika iklanmu tidak akan seefektif iklan yang memenuhi kedua komponen di atas.

5. Konversikan ketertarikan audience dengan tepat

Last but not least, kamu harus dapat mengkonversikan ketertarikan audience dengan tepat. Iklanmu telah bagus, banyak orang tertarik dengan produk yang kamu jual namun mereka belum melakukan pembelian. Biasanya para calon pembeli tersebut akan menghubungimu terlebih dahulu dan inilah hal penting yang jangan sampai kamu sepelekan.

Karena itulah pastikan jika kamu bisa meyakinkan konsumen untuk melakukan pembelian produk yang kamu tawarkan. Dalam hal ini, apabila kamu mendapatkan banyak pertanyaan dari calon pembeli yang tertarik dengan produkmu, maka kamu harus memprioritaskan customer yang berpotensi akan membeli.

Kemudian, menguasai produk adalah hal selanjutnya yang harus kamu kuasai. Penguasaan produk jelas sangat penting karena hal ini akan membantumu meyakinkan pelanggan tentang bagaimana produk tersebut. Tidak kalah penting, kamu juga wajib merespon cepat berbagai pertanyaan yang datang agar pelangganmu tidak kabur.

Jika kamu telah memahami kunci sukses menggunakan facebook ads, kini saatnya kamu mulai bisnismu. Bagaimana caranya? Gampang, kamu cukup daftar menjadi reseller Tokodistributor dan dapatkan berbagai produk supplier tangan pertama yang ingin kamu jual lagi. Pembelian tanpa minimum order dan adanya fitur dropship membuatmu bisa jualan lebih tenang. Tunggu apalagi? Yuk buruan daftar Tokodistributor sekarang juga!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: