Ingin Memulai Bisnis Baru? Hindari Kesalahan Umum Berikut!

Apakah kamu ingin memulai sebuah bisnis baru? Jika iya, kamu harus siap untuk belajar karena memulai sebuah bisnis itu seperti proses belajar. Tidak hanya cukup mendengar dari kesuksesan orang lain dan langsung memulainya. Kamu harus menyiapkan berbagai macam hal seperti menentukan produk, melakukan uji coba produk dan menentukan pasar.

Kemudian, bagaimana saat gagal melakukan uji coba produk? Ya, kegagalan jelas mungkin saja terjadi. Karena itulah kamu harus paham jika memulai usaha memang tidak mudah tapi bukan berarti hal tersebut tidak mungkin dilakukan. Adanya kegagalan tentu akan menjadi hal yang baik untuk bisnismu karena kamu bisa belajar lebih baik lagi untuk mengembangkan bisnismu. Dengan kata lain kamu belajar untuk tidak mudah menyerah dengan bisnis yang akan kamu jalankan.

Ingin Memulai Bisnis Baru? Hindari Kesalahan Umum Berikut!

Ingin Memulai Bisnis Baru? Hindari Kesalahan Umum Berikut!

Selain itu, sebagai seorang entrepreneur, kamu juga harus tahu mengenai berbagai kesalahan umum yang biasa dilakukan pebisnis pemula sepertimu. So, let’s check it out!

1. Tidak Paham Model Bisnis

Mengetahui model bisnismu tentu sangat penting. Dengan tidak hanya mengetahui tapi juga memahami bisnis model, hal tersebut akan membantumu dalam menentukan strategi marketing. Itulah mengapa, kurangnya pengetahuan tentang model bisnis akan sangat buruk untuk bisnismu karena kamu tidak akan tahu strategi marketing yang tepat. Banyak orang yang menjalankan bisnis tanpa paham akan model bisnis biasanya akan kesulitan dalam mengembangkan bisnisnya.

2. Tidak Paham Apa yang Diinginkan Konsumen

Kesalahan umum lain yang dilakukan oleh pebisnis pemula ialah mereka tidak tahu apa yang diinginkan konsumen. Seperti yang kita tahu jika konsumen merupakan aspek penting yang menentukan sebuah bisnis akan berjalan atau tidak. Namun, bagaimana cara mengetahui apa yang konsumen inginkan? Kamu jelas harus melakukan analisis pasar terlebih dahulu kemudian menentukan produk yang akan ditawarkan. Jika kamu melakukan hal tersebut, pasar akan menerima bisnismu dengan lebih mudah.

3. Tidak Menentukan Masalah Mana yang Harus Diselesaikan Secepatnya

Selanjutnya, sebagai seorang pebisnis kamu harus menghadapi berbagai macam masalah saat menjalankan bisnismu tersebut. Karena itulah inilah waktumu untuk menyelesaikan masalah yang penting terlebih dahulu. Banyak bisnis yang gagal karena pemiliknya tidak menentukan masalah yang harus diselesaikan secapatnya sehingga masalah utama semakin besar yang memberikan dampak buruk pada bisnis tersebut. Kemudian, setelah menentukan masalah mana yang penting, selesaikanlah masalah tersebut secepatnya.

4. Tidak Memiliki Sistem Bisnis yang Jelas

Apakah kamu memiliki bisnis baru? Agar terhindar dari kegagalan, pastikan jika bisnismu memiliki sistem yang jelas. Banyak orang menjalankan bisnis tanpa sistem yang jelas seperti sistem kerjanya, pada akhirnya bisnis tersebut tidak dapat berkembang, bahkan beberapa diantanya bangkrut. Itulah mengapa, lebih baik kamu menyusun sistem kerja yang jelas terlebih dahulu sebelum memulai bisnis baru. Dengan begitu kamu bisa mengembangkan bisnismu dengan lebih mudah.

5. Berfokus pada Pendapatan, Bukan Profit

Inilah kesalahan umum yang dilakukan, para pebisnis baru hanya berfokus pada pendapatan bukan keuntungan atau profit. Memang, tidak dipungkiri jika menjalankan sebuah bisnis salah satu tujuannya untuk meningkatkan pendapatan tapi hal ini jangan membuatmu lebih fokus dengan jumlah pendapatan. Yang harus kamu lakukan disini ialah lebih berfokus pada profit yang didapat karena dengan meningkatnya profit bisnis, secara otomatis kamu akan meningkatkan jumlah pendapatan.

6. Memulai Bisnis Baru Lainnya Terlalu Cepat

Memiliki lebih dari satu bisnis tentu keren, bukan? Tapi hal ini bukanlah ide yang tepat apabila kamu menjalankan bisnis lainnya sebelum memastikan jika bisnis yang baru kamu rintis telah berkembang dengan baik. Jika kamu tetap memaksakan tanpa adanya pertimbangan di atas, hal tersebut justru akan membuat semua bisnismu bisa-bisa mandeg. Jadi, untuk yang memiliki rencana membuka bisnis lainnya, ingat apakah kamu telah memastikan jika bisnis barumu telah berjalan dengan baik atau belum.

7. Hanya Berfokus pada Masalah

Masalah harus diselesaikan! Ya, setiap masalah dalam bisnismu harus diselesaikan secepatnya. Namun, hal tersebut jangan membuatmu hanya berfokus pada masalah yang dihadapi saja tanpa merayakan kesuksesan kecil yang telah dicapai. Merayakan kesuksesan kecil dalam bisnismu menjadi hal yang penting karena kamu bisa memberikan apresiasi terhadap kinerja tim dan sebagai tanda balasan kecil atas apa yang telah dilakukan. Dengan begitu, semangat tim akan meningkat dan itu jelas sangat mempengaruhi kinerja yang leih baik dari tim bisnismu.

Jadi, itulah 7 kesalahan umum yang biasanya dilakukan oleh para pebisnis pemula yang baru memulai bisnisnya. Jika kamu memiliki rencana untuk membuka sebuah bisnis, jangan lupa untuk menghindari berbagai kesalahan-kesalahan umum di atas ya.

Kemudian, untuk yang masih bingung darimana memulai bisnismu, sekarang Tokodistributor telah hadir menjadi solusi terbaik. Dengan konsep B2B yang ditawarkan, kamu bisa menemukan berbagai macam produk terbaik dari suppier tangan pertama. Selain itu, kamu juga bisa pesan produk tanpa minimum order dan juga sistem dropship yang menguntungkan. Bagaimana? Tertarik menjadi pebisnis baru? Karena itu, yuk daftar reseller Tokodistributor dan jadilah pebisnis sukses sekarang!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: