Mengapa Harus Bisnis Online di Instagram?

Siapa yang tidak kenal dengan Instagram saat ini? Media sosial yang dirintis oleh Kevin Systrom dan Mike Krieger ini kini memang menjadi salah satu yang paling difavoritkan banyak orang. Berkembangpesatnya Instagram apalagi setelah Facebook mengambil alih membuat meningkatnya jumlah penggunanya. Dengan begitu kesempatan untuk mengembangkan bisnis di media sosial ini pun semakin besar. Tidak hanya itu, ada berbagai macam alasan lain mengapa kamu harus menggunakan Instagram untuk berbisnis.

Mengapa Harus Bisnis Online di Instagram

Mengapa Harus Bisnis Online di Instagram

Salah satu media sosial terbesar

Bukan hal yang baru lagi jika Instagram termasuk dalam salah satu media sosial yang memiliki jumlah pengguna tidak sedikit. Terbukti MAU (monthly active users) Instagram pada Juni 2018 menembus angka 1 miliar. Dengan banyaknya jumlah penggunanya, hal ini jelas sangat menguntungkan bagi para pebisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka secara online.

Mereka dapat menggunakan Instagram sebagai media untuk mempromosikan produk kepada para konsumen. Didukung dengan berbagai fitur yang ada, Instagram memang sangat potensial untuk menjadi tempat meningkatkan traffic penjualanmu karena adanya engagement dan interaksi yang cukup tinggi dari penggunanya. Karena itulah jangan tunggu traffic bisnismu turun, mulailah gunakan Instagram untuk mendukung bisnismu sekarang juga.

Untuk kamu yang baru akan memulai bermain di Instagram untuk meningkatkan bisnismu, pastikan jika akunmu terlihat professional. Bagaimana caranya? Pertama ialah kamu upload konten yang berkualitas bukan hanya dari segi ide tapi juga dari kualitas gambar yang bagus juga. Selain itu, kamu sebaiknya menambahkan profil singkat tentang bisnismu.

Lebih mudah meningkatkan brand

Seperti yang kita tahu bahwa Instagram lebih menonjolkan konten gambar daripada text yang telah ditawarkan oleh jenis media sosial lainnya, dan inilah sebuah hal sangat menarik. Mengapa? Hal ini disebabkan karena gambar merupakan kunci marketing. Bukan hal yang baru lagi jika orang akan tertarik dengan iklan gambar daripada iklan text saja.

Dengan begitu pengenalan produk atau branding hingga penjualan menjadi lebih efektif jika dilakukan melalui media sosial ini. Tidak heran jika saat ini pebisnis memanfaatkan peluang ini untuk meningkatkan penjualan produk. Maka dari itu, membuat konten yang menarik merupakan pekerjaan rumah yang harus kamu lakukan sekarang.

Namun jangan lupa, kamu sebaiknya benar-benar memperhatikan tidak hanya konten gambarnya saja tapi juga konten text agar konsumen makin tertarik dengan produkmu. Meskipun kamu memiliki konten gambar yang bagus tapi tanpa adanya text atau biasa disebut caption yang menarik, hal ini akan sia-sia.

Mudah untuk melakukan promosi

Selain karena jumlah penggunanya yang sangat banyak, Instagram menjadi media sosial yang sangat potensial untuk mengembangkan bisnis karena fitur-fitur yang ada sangat memudahkan penggunanya untuk melakukan promosi. Mulai dari fitur Instagram ads hingga Instagram story bisa kamu manfaatkan untuk meningkatkan engangement dengan para konsumen.

Yang pertama ialah Instagram Ads, dengan menggunakan fitur ads berbayar ini kamu bisa mempromosikan produkmu sesuai dengan target pasar yang kamu inginkan. Yang terpenting ialah kamu tentukan terlebih dahulu target market yang sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. Misalnya ialah kamu menjual produk dress pesta, maka target yang harus kamu bidik ialah wanita yang memang gemar pergi ke pesta.

Ada pula fitur gratis yang bisa kamu gunakan seperti Instagram Story dan fitur hashtag. Dengan Instagram story kamu bisa langsung menghubungkan konsumen dengan websitemu misalnya. Sedangkan untuk fitur hashtag, kamu nantinya bisa membuat postinganmu lebih mudah ditemukan oleh konsumen. Menariknya lagi ialah semua fitur tersebut sangat simple dan mudah untuk digunakan.

Meminimalisir adanya perang harga

Jika kamu berjualan di Instagram, kamu sebenarnya telah meminimalisir adanya perang harga. Apa artinya? Kita tentu telah mengetahui jika kamu bisa memasang harga produk yang cukup tinggi dibandingkan jika kamu berjualan di e-commerce atau marketplace karena media sosial ini memberikan nilai lebih tersendiri kepada para konsumennya dengan menampilkan foto produk yang ciamik sehingga memiliki nilai lebih.

Bisa diibaratkan jika Instagram ialah sebuah supermarket sedangkan e-commerce dan marketplace adalah pasar. Tentu saja banyak orang akan cenderung bisa menerima harga yang ditawarkan di supermarket daripada di pasar, ya kan? Dengan begitu kamu bisa meminimalisir perang harga dengan penjual lain dengan catatan kamu memberikan kualitas produk yang sesuai dengan gambar agar kamu mendapatkan pelanggan yang loyal, yang bukan hanya melakukan repeat order tapi juga mempromosikan produkmu secara cuma-cuma.

Jadi, itulah beberapa alasan mengapa kamu harus mulai merintis bisnis online di Instagram. Sedangkan untuk yang telah memiliki bisnis, Instagram jelas akan sangat membantumu untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Sekarang inilah kesempatanmu untuk memulai bisnis onlinemu.

Jika kamu masih bingung darimana mendapatkan produk dengan harga terbaik, inilah Tokodistributor, platform B2B yang menyediakan berbagai produk dari supplier tangan pertama. Tanpa minimum order dan adanya sistem dropship, memulai bisnis pun bukan hal yang sulit lagi, bukan? Karena itu, yuk join reseller Tokodustributor sekarang juga!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: