Cara Mudah Mahasiswa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Sebagai mahasiswa, kamu jangan melulu berkutat dengan tugas kuliah saja karena nantinya setelah lulus kamu harus siap dengan yang namanya dunia kerja. Untuk mempersiapkannya, kamu bisa menggunakan waktu luangmu untuk bekerja sampingan seperti part time ataupun menjadi freelancer. Selain pengalaman, kamu jelas nantinya bisa mendapatkan penghasilan tambahan untuk menambah uang jajanmu atau bahkan membiayai kuliahmu sendiri.

Cara Mudah Mahasiswa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Cara Mudah Mahasiswa Mendapatkan Penghasilan Tambahan

Jika kamu masih bingung bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan, berikut ini ada beberapa ide yang dapat kamu coba. Pilihlah sesuai dengan passion agar kamu lebih enjoy ketika melakukannya.

Menjadi Blogger

Kamu memiliki passion menulis? Jangan sia-siakan bakatmu tersebut. Mulailah kembangkan bakat menulismu dengan menjadi blogger. Bukan hal baru lagi jika saat ini banyak orang yang telah sukses menjadi blogger, bahkan ada juga yang memiliki julukan blogger full time yang artinya mereka bekerja dan menghasilkan penghasilan dari penulisan blog. Daripada waktumu digunakan untuk bermain, lakukanlah hal yang lebih produktif seperti blogging.

Untuk kamu yang baru memulai blogging, pertama pilihlah platform blog yang akan kamu gunakan seperti wordpress atau blogger.com atau tumblr. Jangan lupa juga untuk mensetting tampilan blog agar terlihat lebih menarik. Kemudian, buatlah artikel blog dengan satu tema tertentu agar blogmu lebih mudah dikenal.

Jika telah berjalan, postinglah artikel yang benar-benar berkualitas secara rutin. Banyak blogger tidak memiliki traffic pengunjung yang tinggi karena artikel yang tidak berkualitas atau tidak upload artikel secara rutin. Selain itu, untuk meningkatkan traffic pengunjung kamu bisa membuat akun di media sosial yang mengarahkan orang untuk berkunjung ke halaman blogmu.

Lantas, bagaimana cara mendapatkan penghasilan dari blog. Jawabannya ialah kamu bisa mendapatkan bayaran dari iklan yang dipasang di blog kamu. Karena itulah kamu harus membuat blog tersebut populer dengan pengunjung yang banyak sehingga banyak orang tertarik beriklan di blogmu.

Menjadi Vlogger

Bagi yang kurang berminat untuk menjadi seorang blogger, kamu bisa mencoba menjadi seorang vlogger. Jika kamu ingin menjadi seorang vlogger, persiapkan konsep yang seru dan unik yang nantinya bisa menjadi selling point video-videomu. Melakukan riset siapa kompetitormu merupakan hal yang tidak kalah penting untuk dilakukan. Dengan mengetahui kompetitor kamu bisa memberikan sesuatu yang berbeda dan belum diberikan oleh kompetitormu.

Hal lain yang wajib kamu persiapkan jelas peralatan seperti kamera, stabilizer camera dan perlengkapan lainnya. Jika kamu ingin menjadi vlogger jelas kamu harus menyiapkan perlengkapan tersebut agar video yang kamu buat memiliki kualitas yang baik. Video yang asal-asalan tentu saja tidak akan menarik banyak pengunjung.

Agar kamu tetap bisa membagi waktu untuk kuliah, buatlah video ketika weekend atau saat liburan kuliah. Mengenai tema vlog yang akan kamu pilih, sama seperti blogging, kamu sebaiknya memilih tema yang sesuai dengan passion. Misalnya ialah kamu hobi mencoba kuliner baru maka menjadi food vlogger merupakan sebuah ide yang cerdas.

Main Game

Bermain game jelas menyenangkan, sayangnya sampai saat ini banyak orang yang beranggapan jika bermain game akan memberikan dampak buruk untuk pemainnya. Namun faktanya sekarang bermain game bisa menghasilkan uang juga. Lalu, bagaimana orang bisa mendapatkan penghasilan dari game? Bagi yang hobi main game, kamu bisa memilih pilihan karir sebagai gamer di bawah ini.

Yang pertama, kamu bisa membuat blog gaming yang berisi tentang review sebuah game, memberikan tutorial dan tips bermain game hingga memberikan informasi atau berita penting terkait dengan game. Hal ini bisa kamu pilih jika kamu tidak begitu pro menjadi gamer karena memang bukan hal mudah menjadi gamer professional.

Selain itu, menjadi youtuber gaming juga bisa menjadi pilihan menarik untuk kamu yang masih menjadi mahasiswa. Jika kamu tertarik, setidaknya ada 4 cara menghasilkan uang sebagai youtuber gaming yaitu memonetize channel youtubemu dengan adsense, menjual merchandise game, melakukan kerja sama dengan perusahaan untuk review produk atau bisa juga merekomendasikan berbagai produk game dengan affiliate marketing.

Ya, yang ketiga ini memang paling sering kita temui yaitu jual beli akun atau item game. Untuk bisa melakukannya, kamu harus menjadi pemain game yang handal. Dengan begitu kamu bisa memiliki berbagai item game yang bisa kamu jual kepada orang lain. Bahkan untuk kamu yang telah memiliki level tinggi dalam sebuah game, kamu dapat menjual akunmu dengan harga yang cukup tinggi.

Ada pula hal lain untuk menghasilkan uang dari game dengan menjadi atlit e-sport. Kamu ikuti saja turnamen atau kejuaraan game tertentu dan menangkan hadiahnya. Profesi yang satu ini sekarang memang bukan profesi yang bisa dianggap remeh lagi. Banyak orang yang berlatih menjadi gamers agar dapat menjuarai turnamen game tingkat Asia. Tertarik?

Menjadi Reseller/Dropshipper Tokodistributor

Nah ini dia solusi lain untuk para mahasiswa dengan jiwa bisnis yang ingin mendapatkan uang tambahan untuk kuliah. Ya, kamu bergabung saja menjadi reseller/dropshipper Tokodistributor. Dengan menjadi reseller maupun dropshipper kamu jelas tidak perlu pusing mengenai produksi produknya sendiri karena yang harus kamu lakukan ialah menjual kembali produk orang lain.

Berita baiknya jika kamu bergabung dengan Tokodistributor, platform B2B ini memberikan berbagai macam kemudahan untukmu. Apa saja? Kamu tidak perlu membandingkan harga produk grosir di toko satu dengan toko lainnya karena semua produknya merupakan produk dari supplier tangan pertama. Dengan kata lain, platform Tokodistributor menyediakan harga produk terbaik.

Sedangkan mengenai keuntungan lainnya ialah kamu tidak perlu pusing tentang minimal order. Meskipun yang ditawarkan adalah harga grosir terbaik, Tokodistributor tidak menerapkan sistem minimal order sehingga hal ini sangat menguntungkan apalagi bagi para pebisnis pemula. Nah, dengan berbagai keuntungan tersebut, kamu jangan sampai melewatkan kesempatan ini. Daftar reseller Tokodistributor sekarang juga dan kamu pun bisa mendapatkan uang tambahan tanpa harus meninggalkan kuliahmu.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: