Hindari Hal Berikut Saat Kamu Menjual Produk

Jika kamu ingin berbisnis, kamu tentu harus memikirkan berbagai macam hal mulai dari jenis produk yang akan dijual hingga strategi marketing yang akan digunakan. Untuk mengembangkan bisnismu dengan baik tentu saja kamu tidak boleh asal dalam menentukan keputusan karena hal tersebut akan sangat berpengaruh pada bisnismu. Selain itu , kamu pun harus paham hal apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan jika ingin menjadi pebisnis sukses. Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu hindari.

Hindari Hal Berikut Saat Kamu Menjual Produk

Hindari Hal Berikut Saat Kamu Menjual Produk

Promosi berlebihan dengan cara yang tidak tepat

Tidak bisa dipungkiri bahwa peomosi memang merupakan sebuah keharusan yang dilakukan oleh seorang penjual. Namun, tidak jarang seorang penjual melakukan promosi secara berlebihan karena terlalu agresif mengejar target. Akibatnya, banyak pebisnis yang terkena imbas dari promosi yang mereka lakukan.

Misalnya ialah memposting foto produk di media social secara berulang-ulang dan terlalu banyak. Jelas hal ini akan sangat mengganggu. Orang akan bosan melihat postingan tersebut. Jangankan melihat, untuk mengklik saja orang jadi malas. Disaat hal ini terjadi, tujuanmu untuk mendapatkan omset penjualan yang tinggi gagal.

Maka dari itu, kamu sebaiknya melakukan promosi sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan. Kemudian, pelajari cara-cara dan strategi marketing yang tepat untuk produkmu. Dengan begitu kamu bisa memaksimalkan promosi yang kamu lakukan dan yang jelas tidak akan melakukan promosi secara berlebihan dengan cara yang tidak tepat.

Jangan coba-coba mencuri hak cipta

Media seperti foto atau video memang sangat penting digunakan dalam melakukan promosi sebuah produk. Namun, perlu diingat, kamu juga harus hati-hati dalam menggunakan foto atau video tersebut. Jangan sampai foto dan video yang kamu posting adalah milik orang lain dengan hak cipta. Jika hal ini terjadi maka akan berakibat fatal apabila dibawa ke jalur hukum.

Sudah cukup banyak pebisnis yang kurang memahami hal ini sehingga mereka yang awalnya berniat untuk mencari untung justru bunting alias merugi karena harus membayar denda telah melanggar hal cipta karya seseorang. Tentu kamu tidak ingin melangalami hal ini, bukan? Karena itulah beberapa hal berikut diharapkan bisa membantumu.

Pertama ialah kamu sebaiknya pastikan terlebih dahulu jika gambar maupun video yang akan kamu unggah tidak melanggar hak cipta. Kamu bisa memilih gambar maupun video berbayar agar lebih aman. Tapi, jika ingin mendapatkan gambar dan video gratis, pastikan telah berlisensi sehingga kamu bisa melakukan promosi tanpa perlu was was dengan masalah hak cipta.

Melebih-lebihkan produk jualan

Produk cepat laku dan laris adalah impian setiap penjual. Namun, akibat dari keinginan itu, tidak sedikit ditemukan di lapangan jika penjual melebih-lebihkan produknya adalah yang terbaik, orisinil dan lain sebagainya. Hal ini sah-sah saja dilakukan sepanjang produknya memang telah terbukti terbaik.

Akan tetapi, jika kamu tidak bisa membuktikan bahwa produk yang dijual sesuai dengan yang dideskripsikan, maka bersiaplah dengan kekecewaan para konsumen. Tentu saja hak ini bisa berakibat fatal dengan bisnis yang sedang kamu jalankan. Kamu bisa jadi akan kehilangan konsumen apabila kamu selalu melebih-lebihkan produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Dalam hal ini kamu harus ingat jika konsumen selalu menginginkan produk yang sesuai dengan deskripsi, bukan sebaliknya. Jika kamu terus melakukan hal ini, kamu mungkin bisa menarik perhatian banyak konsumen di awal. Tapi setelahnya kamu tidak akan dipercaya oleh mereka lagi. Bagaimana omset bisa meningkat apabila kepercayaan konsumen terhadapmu sudah hilang.

Bagaimana, apakah kini kamu telah siap untuk memulai bisnismu? Jika iya, segera mulai bisnis yang kamu inginkan bersama Tokodistributor. Daftar langsung menjadi resellernya dan kamu pun bisa menikmati berbagai macam kemudahan menjadi seorang pebisnis mulai dari harga produk terbaik, produk dengan berbagai kategori hingga kemudahan dan keamanan pembayaran transaksinya. So, what are you waiting for? Register now!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: