Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Berbisnis Bersama Teman

Seperti yang kita tahu bahwa dalam merintis sebuah bisnis, mencari partner bisnis yang terpercaya harus dilakukan. Sehingga tidak jarang apabila banyak orang memilih untuk berbisnis dengan temannya. Selain untuk meminimalir penipuan, berbisnis dengan teman juga lebih mudah sebab komunikasi biasanya akan menjadi lebih mudah.

Namun, apakah berbisnis dengan teman memang benar-benar menyenangkan? Nyatanya tidak jarang jika banyak orang yang membangun bisnis dengan temannya justru bukan sebuah ide yang bagus. Jika kamu pernah mengalaminya juga, kemungkinan besar kamu tidak memperhatikan hal-hal krusial saat kamu membangun bisnis tersebut dengan teman. Lantas, apa saja hal yang sebaiknya kamu lakukan saat ingin memulai bisnis bersama temanmu?

Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Berbisnis Bersama Teman

Lakukan 5 Hal Ini Jika Kamu Ingin Berbisnis Bersama Teman

 

Bangun Chemistry

Agar kamu bisa selalu kompak dalam menjalankan bisnis, membangun chemistry antara kamu dan temanmu menjadi hal pertama yang sebaiknya dilakukan. Chemistry tentu saja menjadi hal yang sangat penting karena tanpa adanya hal tersebut kamu tidak akan bisa kompak. Dengan kata lain kamu dan temanmu harus satu visi dan satu frame.

Jangan sampai kamu pengennya bisnis ini, sementara temanmu maunya bisnis lain. Kegagalan dalam membangun chemistry tentu sangat berpengaruh pada bisnismu. Tidak jarang sebuah bisnis pun akhirnya gulung tikar karena adanya perbedaan pendapat antara founder dan co-foundernya.

Komitmen dan Setara

Selanjutnya, kamu dan teman bisnismu harus punya komitmen. Jangan mencla-mencle. Ketika sudah ada kesempatan bersama, maka jalankan kesepakatan tersebut dengan komitmen. Dengan komitmen inilah kamu telah memiliki kesempatan untuk bisa mengembangkan bisnismu karena dalam bisnis kamu tidak boleh mudah menyerah meskipun bisnismu sedang terpuruk.

Selain itu juga harus setara. Antara kamu dan temanmu tidak ada namanya karyawan atau bos. Semua jadi karyawan dan semuanya jadi bos. Karena memulai bisnis sama-sama, maka jalani bisnis tersebut juga dengan bersama-sama. Jika kamu atau temanmu ada yang merasa menjadi bos terhadap yang lain, jangan heran jika bisnismu akan sulit untuk berkembang karena adanya perbedaan kesetaraan.

Bedakan Antara Kerja dan Main

Ini yang rawan. Kamu harus professional. Bagi tugas yang adil dengan teman bisnismu. Selain itu, bedakan juga antara kerja dan main. Kalau lagi kerja jangan main, dan kalau temanmu lagi main, jangan dipaksa untuk kerja kalau belum waktunya. Terlihat simple memang, namun untuk melakukannya kamu harus benar-benar bisa memisahkan antara kehidupan pribadi dan bisnis.

Banyak pebisnis yang akhirnya sering berselisih dengan temannya karena tidak bisa mencampuradukkan antara permasalahan pribadi dan bisnis. Bahkan pertemanan pun bisa saja hancur karena berbisnis dengan teman sendiri. Maka dari itu, kamu harus pandai untuk memisahkan antara masalah bisnis dan juga pribadi ya.

Pembagian Keuntungan Harus Jelas

Ini gak kalah rawannya. Sudah banyak kasus bisnis bareng teman, bisnisnya jadi bangkrut gara-gara tidak jelas pembagian keuntungannya. Salah satu dibangunnya sebuah bisnis tentu saja untuk mendapatkan keuntungan atau laba dan inilah hal sensitif yang harus kamu bicarakan secara serius dengan teman bisnismu. Tentukan pembagian keuntungannya sesuai kesepakatan, misalnya sesuai dengan presentasi saham yang ditanam.

Kemudian, untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan karena pembagian keuntungan tersebut, kamu sebaiknya melakukan perjanjian terlebih dahulu. Jangan berpikir jika karena berbisnis dengan teman sendiri, maka kamu tidak memerlukan perjanjian atau semacamnya. Dengan adanya perjanjian inilah kamu bisa lebih professional dan meminimalisir adanya konflik bisnis.

Disiplin dan Kerja Keras

Untuk menjadi seorang pebisnis, kamu harus disiplin dan juga bekerja keras. Tanpa adanya kedua hal tersebut kamu jelas akan kesulitan untuk mengembangkan sebuah bisnis. Jangan mentang-mentang bisnis bareng teman lantas kamu santai-santai saja dan semaunya. Ini bahaya. Bisa-bisa bisnismu tak berumur panjang, bahkan persahabatanmu juga akan retak.

Jika kamu telah mengetahui semua hal diatas, kini saatnya kamu mulai bisnis dengan temanmu. Kamu tidak perlu ragu lagi karena berbisnis bersama teman jelas akan makin menyenangkan dan seru. Buatlah ide-ide gila yang fantastis sehingga bisnismu bisa menarik perhatian pasar. Untuk masalah produk, kamu tidak perlu repot mencari dan membelinya di pasar grosir konvensional.

Ya, dengan adanya Tokodistributor, kamu bisa dapatkan berbagai macam produk harga grosir terbaik dari supplier tangan pertama. Selain itu, sistem dropship yang ditawarkan pun akan membantumu memulai bisnis dengan modal yang minim. Tertarik? Jangan ragu untuk bergabung dengan Tokodistributor dan bangunlah bisnismu sekarang juga!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: