Hadapi Komplain Customer dengan Cara Berikut

Pernah mendapatkan complain dari pelanggan? Untuk kamu yang telah lama berbisnis, hal ini tentu bukan sesuatu yang baru, bukan? Dengan adanya complain inilah kamu bisa melakukan koreksi sehingga kamu tidak akan melakukan kesalahan yang sama. Tidak jarang, justru dari komplain-komplain yang ada, banyak pebisnis yang mendapatkan ide segar untuk perkembangan bisnisnya.

Namun, tidak mudah memang menghadapi konsumen yang kecewa dengan pelayanan yang telah diberikan. Kamu harus mengetahui trik-trik jitu menghadapi komplain agar reputasimu tetap terjaga dan pelangganmu tidak semakin kecewa. Apa saja triknya? Yuk simak langsung ulasannya di bawah ini.

Hadapi Komplain Customer dengan Cara Berikut

Hadapi Komplain Customer dengan Cara Berikut

Tetap Tenang

Hal pertama yang harus kamu lakukan ialah tetap tenang ketika mendapatkan berbagai macam komplain dari pelangganmu. Berusahalah untuk mengerti kekecewaan yang mereka alami. Jangan meresponnya secara negative seperti merasa sakit hati dengan komplain tersebut. Respon tersebut mungkin akan membuat pelangganmu akan meminta maaf padamu tapi ingat jika hal ini akan membuat situasi lebih buruk.

Kamu akan kehilangan kepercayaan dari pelangganmu dan apabila kamu lakukan terus-menerus setiap kali ada komplain, bisnismu pun akan bangkrut. Karena itulah jika ada pelanggan yang melakukan komplain, berusalah untuk tenang dan coba pahami permasalahan yang diadukan. Dengan begitu kamu tetap mendapatkan kepercayaan dari pelangganmu.

Dengarkan Keluhan Pelangganmu

Tentu saja, hal kedua yang wajib kamu lakukan jika mendapatkan keluhan dari konsumen ialah mendengarkan setiap keluhan mereka. Semua orang yang merasa kecewa dengan sesuatu tentu ingin selalu didengarkan. Maka dari itu, berikan waktu kepada pelangganmu untuk mengungkapkan semua keluhannya kemudian baru kamu berikan komentar.

Jangan membuat keadaan semakin memburuk dengan langsung memberikan statement sebelum pelangganmu selesai mengungkapkan kekesalannya. Apabila hal ini terjadi, tentu saja konsumenmu akan semakin kecewa dan kepercayaan untuk membeli produk yang kamu tawarkan akan semakin menurun. Kamu tidak ingin hal ini terjadi, bukan?

Jangan Bersikap Defensif

Sikap defensive seorang penjual terhadap konsumen yang melakukan komplain kerap ditemui. Poin ini sangat penting untuk kamu ketahui sebagai seorang pebisnis karena hal ini sangat penting. Ketika kamu bersikap defensive dan merasa jika hal tersebut adalah kesalahan konsumen, jangan langsung memberikan komentar defensive secara langsung.

Terkadang mendengarkan keluhan dari konsumen memang membuat emosi apalagi jika hal tersebut adalah kesalahan dari konsumen sendiri. Namun bukan berarti kamu langsung bersikap defensif atau ingin menjadi yang paling benar. Apabila kamu lakukan itu, artinya kamu ingin membunuh bisnismu sendiri.

Berikan Panduan kepada Pelangganmu

Apa yang harus kamu lakukan setelah mendengarkan keluhan atau komplain dari konsumen? Ya, kamu berikan panduan kepada pelangganmu tentang bagaimana hal tersebut bisa terjadi. Jika memang hal tersebut adalah kesalahan konsumen, jelaskan kesalahannya dengan sopan tanpa menghakimi.

Bagaimana caramu menjelaskan pengertian kepada konsumenmu adalah hal yang wajib kamu perhatikan karena semua konsumen tentu ingin dimengerti dan didengarkan. Kamu bisa mempelajari beberapa teknik customer service dalam menangani komplain dari pelanggan sehingga kamu bisa tetap menjaga reputasimu tanpa harus menjadi pihak yang paling disalahkan.

Berikan Solusi kepada Pelangganmu

Setelah kamu berikan panduan dan penjelasan kepada konsumenmu, jangan lupa untuk memberikan solusi kepadanya. Bukan hanya “maaf” yang ingin didengar oleh pelanggan yang komplain tapi juga sebuah solusi. Usahakan kamu menawarkan solusi terbaik untuk kekecewaan konsumenmu agar mereka tidak semakin kecewa dengan pelayanan yang diberikan.

Selain itu, cobalah untuk tetap menjalin hubungan baik. Namun, ingat jika konsumenmu merasa bahwa hal tersebut tidak cukup, tidak masalah untuk bersikap tegas kepadanya karena kamu berhak untuk menentukan pelangganmu juga. Dengan catatan bahwa kamu ada di pihak yang benar.

Jika kamu telah melakukan semua hal di atas, saatnya kamu untuk lanjutkan bisnismu. Jadikanlah komplain atau keluhan tersebut menjadi sebuah pembelajaran agar bisnismu makin maju ke depannya. Yang terpenting adalah jangan pernah kapok untuk berbisnis apalagi bisnis bersama Tokodistributor yang akan memberikanmu berbagai kemudahan mulai dari harga produk tangan pertama hingga sistem dropship untuk kamu yang ingin memulai usaha dengan modal lebih kecil.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: