Wajib Tahu! Inilah Tips Meningkatkan Engagement di Instagram secara Organik

Tahukah kamu jika Instagram telah mengumumkan untuk menghapus follower, like dan juga komentar palsu dari pihak ketiga. Tentu saja hal ini membuat akun-akun tertentu yang membeli follower, like dan komentar harus bersiap dengan berkurangnya jumlah follower, like serta komentar yang ada. Dengan kata lain, akun-akun yang menggunakan jasa untuk menambah follower, like dan komentar dari pihak ketiga pasti akan terkena dampaknya.

Agar kamu bisa terhindar dari hal tersebut, tingkatkan engagement akun Instagrammu secara organik atau bukan dengan cara instan. Memang cara ini membutuhkan waktu, namun nantinya kamu akan mendapatkan follower yang aktif dan benar-benar tertarik dengan konten yang kamu upload. Tapi, tahukah kamu bagaimana cara meningkatkan engagement di Instagram secara organik? Untuk kamu yang akan membuat akun Instagram untuk bisnis khususnya, berikut tips meningkatkan engagement di Instagram yang wajib kamu tahu!

Inilah Tips Meningkatkan Engagement di Instagram secara Organik

Inilah Tips Meningkatkan Engagement di Instagram secara Organik

Konten Berkualitas yang Diposting secara Rutin

Konten tentu akan menentukan apakah akunmu menarik atau tidak. Ya, konten adalah segalanya sehingga kamu wajib membuat konten yang tidak hanya menarik tapi juga berkualitas. Caranya ialah kamu harus mengupload konten dengan foto yang jelas. Gambar dengan kualitas buruk nantinya akan membuat citra akunmu pun buruk. Kemudian, ide konten yang unik menjadi hal yang tidak kalah penting dalam pembuatan konten Instagram.

Selain itu, pastikan jika kamu juga memposting konten secara rutin, misalnya setiap hari konsisten 1 konten diposting. Dari sinilah kamu akan mulai mendapatkan follower, like hingga komentar. Dengan kata lain, semakin jarang kamu memposting konten maka akan semakin sedikit pula orang yang mengetahui akunmu sehingga angka engagement pun menurun.

Gunakan Hashtag

Jika kamu posting konten di Instagram, jangan lupa untuk menambahkan hashtag atau tagar yang sesuai dengan konten tersebut. Banyak orang yang memiliki konten bagus dan menarik namun memiliki angka engagement yang kecil karena mereka tidak menggunakan hashtag. Hashtag sangatlah berpengaruh karena memudahkan pengguna lain menemukan konten yang kamu posting. Sebagai tips, gunakan hashtag yang populer agar semakin banyak orang yang mengetahui. Tentunya, makin populer postinganmu, maka follower, like dan juga komentar akan makin meningkat pula.

Perhatikan Caption

Selain hashtag, kamu pun sebaiknya memperhatikan caption untuk konten yang kamu posting. Sebuah postingan yang menarik bukan hanya menampilkan visualisasinya saja tapi dilengkapi pula dengan deskripsi yaitu caption. Penjelasan gambar yang terdapat dalam caption nantinya akan memudahkan pengguna Instagram untuk memahami apa yang ingin disampaikan oleh kamu dalam sebuah gambar maupun video.

Kemudian, jangan lupa juga untuk menambahkan kalimat CAT alias Call to Action atau kalimat ajakan untuk audiens. Biasanya kalimat yang satu ini ada di bagian akhir caption dengan tujuan agar audience bisa langsung melakukan hal yang menjadi tujuanmu dalam memposting konten. Misalnya saja ialah ajakan untuk membeli, like ataupun share postingan tersebut.

Posting Instastory

Fitur Instagram yang satu ini menjadi poin penting keempat yang wajib kamu perhatikan jika ingin mendapatkan angka engagement yang tinggi dari para audience. Agar kamu mendapatkan engagement yang tinggi, pastikan jika kamu posting konten di Instastory secara rutin juga. Ada berbagai macam konten menarik yang dapat kamu pilih mulai dari polling hingga live video. Pastikan jika konten tersebut sesuai dengan tujuan pembuatan akunmu ya.

Perhatikan Waktu Posting

Jika kamu ingin posting konten di Instagram ataupun media sosial lainnya, ingat jangan asal posting. Pastikan terlebih dahulu jika kamu memposting di saat traffic sedang tinggi atau banyak pengguna yang sedang aktif di Instagram. Misalnya ialah pada waktu jam makan siang dan jam setelah pulang kerja. Jika kamu posting pada saat traffic sedang tinggi, tentu saja kontenmu akan makin sering dilihat dan angka engagement pun akan meningkat.

Share Konten ke Media Sosial Lain

Untuk mendukung engagement konten yang kamu posting di Instagram, kamu dapat share konten tersebut di media sosialmu yang lainnya. Kamu cukup hubungkan saja Instagrammu dengan media sosial lainnya dan kamu bisa mendapatkan engagement yang lebih tinggi karena jumlah audience yang makin banyak pula. Cara ini cukup efektif sebab kamu tidak perlu menghabiskan waktu apalagi budget untuk marketing.

Gunakan Instagram Ads

Jika kamu ingin meningkatkan engagement akun Instagrammu, selain keenam cara yang telah dijelaskan sebelumnya, kamu pun bisa melengkapinya dengan menggunakan Instagram Ads. Inilah fitur online marketing dari Instagram yang dapat kamu pilih untuk menarik lebih banyak audience. Hal menarik lainnya ialah kamu bisa menentukan target audience yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja ialah kamu menjual produk fashion melalui toko onlinemu di Instagram, maka kamu bisa menargetkan audience yang sesuai dengan produkmu tersebut. Biaya iklannya sendiri pun bisa disesuaikan pula.

Apabila kamu telah melakukan semua tips diatas, kini kamu tidak perlu pusing lagi mengenai cara meningkatkan engagement tanpa harus menggunakan jasa pihak ketiga, bukan? Yang harus kamu lakukan saat ini ialah mulai bisnismu di Instagram. Namun, jangan lupa untuk dapatkan semua produk jualanmu di Tokodistributor dengan harga terbaik tangan pertama. Berita baik lainnya ialah kamu bisa menggunakan sistem dropship yang ditawarkan lho. Ya, sekarang mulai bisnis makin mudah bersama Tokodistributor, jadi gabung jadi resellernya sekarang juga!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: