Sedang Membuat Rencana Bisnis? Yuk Cek 6 Poinnya Disini!

Merintis sebuah bisnis memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, di saat yang sama bisnis bukanlah hal yang tidak mungkin untuk dilakukan. Selain keinginan kuat dan pantang menyerah, hal lain yang tidak kalah penting untuk kamu lakukan sebelum membangun bisnis ialah rencana bisnis yang ingin kamu rintis.

Poin Penting untuk Rencana Bisnismu

Poin Penting untuk Rencana Bisnismu

Rencana bisnis merupakan hal yang seringkali dilupakan oleh banyak pebisnis. Padahal, tidak jarang sebuah bisnis pada akhirnya gagal karena kurang matangnya konsep bisnis yang dibuat. Karena itulah, untuk kamu yang sedang membuat rencana bisnismu, jangan lewatkan semua poin yang akan dibahas berikut. Don’t miss it!

Produk

Produk menjadi hal pertama yang harus kamu miliki dalam rencana bisnismu. Produk inilah yang akan kamu tawarkan kepada para konsumen. Tanpa adanya produk, kamu jelas tidak bisa mendirikan sebuah bisnis. Dalam hal ini produk yang kamu tawarkan bisa berupa barang ataupun jasa sesuai dengan bisnis apa yang akan kamu jalani.

Jika kamu telah menentukan produk apa yang akan kamu tawarkan kepada para konsumen, inilah saatnya kamu mengetahui siapa kompetitormu. Kemudian apa yang membuat produkmu unik jika dibandingkan dengan kompetitor. Atau hal apa yang akan menjadi kelebihan produkmu untuk menarik konsumen.

Pastikan kamu memberikan sesuatu yang baru bagi konsumen sehingga akan banyak orang tertarik dengan produk yang ditawarkan. Misalnya saja ialah mengenai kualitas barang yang lebih baik, lebih murah atau memiliki inovasi terbaru. Jangan lupa juga untuk menunjukkan hal pembeda tersebut sebagai nilai jual produk yang kamu tawarkan kepada para konsumen.

Pasar

Sedangkan hal kedua yang harus kamu miliki dalam rencana bisnismu adalah target pasar yang akan kamu bidik. Hal ini tentu saja sangatlah penting karena itulah kamu harus menentukan target pasar yang benar-benar sesuai dengan produk yang ditawarkan. Melakukan observasi terhadap target pasar menjadi hal yang wajib kamu lakukan.

Beberapa poin yang bisa kamu perhatikan saat menentukan pasar ialah umur, jenis kelamin, tempat tinggal, latar belakang ekonomi dan hobi. Setelah kamu mengetahui semua hal tersebut, kemudian kamu sesuaikan dengan produk yang nantinya akan kamu tawarkan.

Tidak hanya itu, kamu juga sebaiknya memperhatikan ukuran pasar yang akan kamu bidik dan pasar apa saja yang sesuai dengan produkmu. Apakah produkmu nantinya akan mempengaruhi pasar atau tidak pun perlu dipertimbangkan dalam rencana bisnismu.

Sales dan Marketing

Jika kamu berencana untuk merintis sebuah bisnis, maka sales dan marketing adalah hal yang wajib kamu pikirkan dalam rencana bisnismu. Bisnis tanpa marketing tentunya bukanlah sebuah bisnis. Marketing inilah yang menjadi salah satu penentu apakah bisnismu bisa berkembang atau tidak.

Dalam marketing, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah menentukan metode marketing untuk bisnismu, apakah akan dilakukan secara online atau offline. Bukan hanya itu, untuk online marketing sendiri, kamu juga harus memikirkan tentang konten, sosial media dan online ads. Sedangkan untuk offline marketing kamu bisa membuat, pamflet hingga baliho.

Keuangan

Poin selanjutnya yang harus diperhatikan dalam rencana bisnismu ialah masalah keuangan. Bukan hal yang baru lagi jika kamu ingin berbisnis, kamu harus paham betul darimana sumber modal yang akan kamu dapatkan, apakah modal sendiri atau dari investor karena hal ini nantinya akan berhubungan dengan pembagian keuntungan.

Kamu harus benar-benar merencanakan keuangan bisnis sebab keuangan yang tidak direncanakan dengan benar akan berdampak pada perkembangan bisnis yang terhambat. Bahkan tidak jarang juga apabila keuangan yang buruk membuat sebuah bisnis terpaksa harus gulung tikar.

Operasional

Penghitungan biaya operasional juga wajib kamu lakukan agar kamu bisa menghitung modal awal untuk membuka bisnismu. Mulai dari biaya listrik, gaji karyawan hingga biaya perawatan tempat usaha harus benar-benar dipersiapkan dengan matang agar kamu bisa menjalankan bisnismu dengan pengaturan keuangan yang benar.

Untuk awal bisnismu, kamu bisa menghemat biaya operasional dengan menyewa tempat dengan harga yang tidak terlalu mahal. Apabila bisnismu telah berkembang dan mulai memberikan keuntungan kamu bisa menyewa tempat usaha yang lebih mahal sesuai dengan kebutuhan.

Management dan SDM

Tidak kalah penting dari kelima poin sebelumnya, dalam perencanaan sebuah bisnis kamu juga harus memikirkan tentang management dan SDM. Pertama ialah berapa orang yang kamu rekrut untuk awal bisnismu? Pastikan kamu sesuaikan dengan kebutuhan bisnismu ya.

Selain itu, berapa gaji yang akan kamu berikan kepada mereka pun harus dipikirkan dengan baik. Kapan mereka mulai bekerja juga penting sebab kamu bisa menghitung berapa biaya operasional bisnis yang harus dikeluarkan sebelum bisnismu diperkirakan memberikan keuntungan.

Kemudian, jangan lupa rencanakan bagaimana caramu dalam merekrut karyawanmu. Pastikan jika kamu menggunakan cara yang tepat untuk merekrut mereka agar kamu bisa mendapatkan orang-orang yang sesuai dengan bisnismu.

Itulah 6 hal penting yang harus kamu perhatikan saat membuat sebuah perencanaan bisnis. Apabila kamu telah memastikan semua poin diatas ada dalam rencana bisnismu, inilah kesempatanmu untuk memulai bisnis menjadi reseller. Dengan menjadi reseller, kamu bisa dapatkan kemudahan-kemudahan dalam berbisnis. Bahkan, kamu bisa tetap mulai berbisnis tanpa pusing dengan modal yang besar dengan menjadi seorang dropshipper. Jadi, tunggu apalagi, mulai bisnis sekarang juga!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: