Cara Jitu Lakukan Analisa Potensi Pasar Sebelum Berbisnis

Sebelum terjun ke dunia bisnis, ada beberapa langkah yang harus kamu ketahui terlebih dahulu. Dari sekian banyak langkah tersebut, ada satu poin penting yang kebanyakan terlewati atau bahkan sengaja dilewati oleh orang-orang yang terjun ke dunia bisnis. Poin penting tersebut adalah analisa potensi pasar.

Cara Jitu Lakukan Analisa Potensi Pasar Sebelum Berbisnis

Cara Jitu Lakukan Analisa Potensi Pasar Sebelum Berbisnis

Ya, kebanyakan orang terlalu terburu-buru dan menggebu-gebu terjun ke dunia bisnis tanpa memikirkan terlebih dahulu pentingnya analisis potensi pasar. Akibatnya, bisnis yang mereka jalani tidak berumur panjang. Terkoyak-koyak persaingan pasar. Pertanyaannya adalah, bagaimana caranya? Oke. Ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk melakukan analisa potensi pasar, yaitu:

Melakukan pendekatan permintaan

Salah satu cara terbaik untuk mengetahui kondisi maupun potensi yang dimiliki pangsa pasar tertentu adalah dengan melakukan pendekatan permintaan. Metode ini menekankan mengenai kebutuhan manusia yang hingga kini masih belum dapat terpenuhi sepenuhnya atau mungkin ada yang telah terpenuhi tapi hasilnya kurang memuaskan. Misal, masyarakat yang berada di daerah pedesaan banyak yang pergi menuju kota hanya untuk membeli pakaian. Bisa diartikan bahwa tindakan masyarakat di desa tersebut kemungkinan tak memperoleh pakaian yang sesuai dengan selera mereka di desanya, atau malah tidak menemukan toko pakaian sama sekali.

Melalui pendekatan dan pengamatan ini, maka diperoleh satu kesimpulan bahwa di desa tersebut ada sebuah peluang usaha untuk berbisnis pakaian yang sesuai dengan selera mereka dan harganya pun berbeda dengan harga yang ada di kota.

Pendekatan penawaran

Dalam melakukan pendekatan penawaran, kamu harus memahami betul keinginan maupun tren yang sedang berlaku di masyarakat. Sebelum melakukan sebuah bisnis, maka sebaiknya kamu mengertahui apakah daya beli masyarakat terhadap bisnis kamu akan sejalan? Apakah mereka mampu membelinya? Bagaimana kualitas produk kamu dengan produk lain yang sejenis? Apa yang menjadi kelebihan dari bisnis yang kamu jalani? Dan lain sebagainya.

Hal itulah yang harus kamu lakukan dan pahami dengan benar, sehingga mampu dijadikan sebagai acuan untuk mengembangkan bisnis yang kamu jalani. Dengan melakukan pendekatan ini, maka secara tidak langsung kamu akan mengetahui daya beli masyarakat serta kompetitor bisnismu yang ada di daerah tersebut.

Mengamati kebutuhan yang paling banyak diinginkan

Sebelum memulai bisnis atau memproduksi sebuah produk, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu kebutuhan produk apa yang paling banyak diinginkan masyarakat sekitar. Misal, kebutuhan sehari-hari seperti sembako atau perlengkapan mandi, masak dan lain-lain. Tentu ini menjadi kebutuhan utama bagi masyarakat. Selain kebutuhan utama, ada kebutuhan tentatif atau musiman, seperti kebutuhan baju untuk lebaran dan lain sebagainya.

Kapan mereka membutuhkan produk

Mengetahui waktu dimana dan kapan masyarakat membutuhkan produk juga sangat penting. Sebab, jika kamu menjual produk di waktu yang tidak tepat, konsumen tidak akan tertarik dengan produk yang kamu jual. Akibatnya, produk kamu tidak akan laku. Contoh, menjual payung di saat musim kemarau. Betul, pasti ada yang beli, namun penjualannya tidak akan sebanyak ketika kamu menjual payung tersebut di waktu yang tepat, yakni musim hujan.

Sesuaikan produk dengan profesi konsumen sekitar

Poin terakhir ini tak kalah pentingnya dibanding poin-poin sebelumnya. Jika kamu menjual produk yang tidak sesuai dengan profesi masyarakat atau konsumen sekitar, bukan tidak mungkin hanya kesia-siaan dan kerugian yang akan kamu terima.

Contoh, jika kamu tinggal di daerah yang penduduknya mayoritas berprofesi sebagai petani, maka produk yang akan kamu jual juga harus yang berhubungan dengan pertanian. Pun ketika kamu tinggal di daerah pesisir yang penduduknya mayoritas berprofesi sebagai nelayan, misalnya, maka kamu juga harus menjual produk yang mendukung dan menunjang kebutuhan para nelayan. Dengan begitu, keuntungan dan target pasar akan diperoleh dengan lebih cepat.

Itulah 5 cara ampuh buat kamu yang ingin melakukan analisa potensi pasar sebelum terjun ke dunia bisnis.

Jika sudah melakukan analisa potensi pasar juga sudah menentukan produk yang ingin dijual, tapi masih bingung mencari supplier, jangan khawatir, Tokodistributor siap membantu melancarkan dan memuluskan bisnismu.

Selamat mencoba, Toders!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: