Penting! Inilah Strategi Bisnis B2B yang Harus Kamu Ketahui

No comments

Untuk kamu yang tertarik untuk terjun ke dunia bisnis, salah satu hal penting yang sebaiknya kamu ketahui ialah mengenai tipe bisnis yang akan kamu pilih. Seperti yang kita tahu bahwa setiap tipe bisnis memiliki strategi marketing yang berbeda sehingga kamu tidak bisa menggunakan strategi bisnis A untuk bisnis B dan sebaliknya. Begitu pula untuk kamu yang memilih B2B atau business-to-business. Tipe bisnis yang satu ini memiliki target pasar perusahaan bukan customer seperti kebanyakan bisnis yang sering kita temui.

Strategi Bisnis B2B yang Harus Kamu Ketahui

Karena tidak bersentuhan langsung dengan kostumer, maka strategi marketing yang harus kamu gunakan pun harus berbeda dengan tipe bisnis B2C yaitu bisnis dengan target pasar para konsumen langsung. Jika kamu tertarik dengan bisnis B2B, inilah beberapa poin penting yang sebaiknya kamu pahami dalam penerapan strategi marketingnya agar bisnismu akan semakin berkembang.

Relationships

Poin pertama yang harus kamu ketahui ialah relationships atau hubungan dengan perusahaan atau perorangan yang bekerjasama dengan perusahaanmu. Tentu saja hal ini wajib kamu miliki bahkan ketika kamu memilih tipe bisnis lainnya karena sebuah bisnis tidak akan berkembang apabila kamu tidak memiliki koneksi sama sekali.

Untuk strategi bisnis B2B sendiri, kamu harus memiliki koneksi dengan vendors ataupun partner yang berpengaruh dalam perkembangan bisnismu. Kamu juga wajib terus memperluas koneksimu agar kamu lebih mudah untuk mengembangkan bisnis B2B khususnya dengan berbagai perusahaan yang nantinya akan menjadi customermu.

Content

Saat ini penggunaan media sosial menjadi salah satu kunci dalam membangun bisnis. Meskipun B2B terkesan tidak terlalu aktif di media sosial seperti halnya B2C, namun hal itu bukan berarti bahwa kamu tidak memperhatikan apa yang sebaiknya kamu post dalam akun bisnismu di media sosial. Karena itulah pemilihan konten yang tepat menjadi hal kedua yang jangan sampai kamu lupakan jika memilih bisnis B2B.

Untuk media sosial B2B, kamu sebaiknya memilih konten-konten yang memberikan edukasi kepada viewers. Sesuaikan pula topik yang dibahas dengan bisnis yang kamu tekuni. Konten tersebut bisa berupa infografik, artikel, ataupun video. Pastikan pula jika kamu memperhatikan estetika konten media sosial bisnismu agar tidak monoton.

Networking

Seperti yang telah dibahas pada poin 1 jika koneksi merupakan hal yang paling penting dalam sebuah bisnis. Oleh sebab itu, salah satu hal yang dapat kamu lakukan ialah memperluas relasi misalnya dengan networking. Ikutilah berbagai pertemuan profesional atau grup bisnis agar kamu tidak hanya akan mendapatkan relasi tapi juga ilmu yang dapat kamu terapkan dalam membangun bisnis.

Jadi kamu jangan hanya berdiam diri saja di kantor tanpa mengikuti berbagai acara yang dapat meningkatkan relasi yang nantinya bisa membuat bisnismu menjadi makin berkembang.

Advertising

Bisnis tanpa iklan tentu saja seperti kamu makan sayur tanpa garam, bisa dimakan tapi tidak dapat dinikmati. Artinya ialah jika kamu mulai berbisnis entah itu bisnis tipe B2C, B2B ataupun lainnya, iklan menjadi hal yang sangat penting agar bisnismu bisa bertahan dan juga berkembang.

Bicara mengenai iklan yang bisa kamu pilih untuk tipe B2B, kamu bisa menggunakan iklan online yang telah banyak digunakan oleh para pebisnis. Misalnya saja ialah pay-per-click, media buys, blogs dan juga forum. Manfaatkan berbagai fitur iklan online dengan baik agar kamu bisa dapatkan hasil yang diinginkan. Meskipun begitu, kamu jangan asal beriklan, pastikan jika iklan tersebut sesuai dengan target pasar dari bisnismu.

Email

Bicara tentang marketing untuk bisnis B2B, email menjadi salah satu hal yang akan dibahas. Hal ini disebabkan karena email bisa menjadi media agar kamu bisa tetap keep-in-touch dengan mereka yang menjadi konsumen atau target pasarmu. Untuk itu, kamu pun harus memperhatikan hal-hal berikut jika kamu mengirim email dengan mereka.

Pertama ialah alamat emailmu, pastikan jika kamu menggunakan email official bisnis agar emailmu terlihat lebih professional. Kedua, perhatikan subject line yang akan kamu tulis, buat subject line singkat namun menarik sehingga penerima email akan tertarik untuk membuka email tersebut. Selanjutnya yaitu konten email yang sesuai dengan subjek. Buatlah konten yang relevan dan menarik sehingga kamu bisa mengajak pembaca untuk mengunjungi websitemu misalnya.

Seminar & Webinar

Seminar pun menjadi poin penting lainnya dalam strategi bisnis tipe B2B. Untuk kamu yang ingin berbisnis B2B, pastikan seminar menjadi agenda bisnismu agar kamu bisa menggaet pasar yang diinginkan. Selain seminar, kamu juga bisa mengadakan event tertentu yang dapat menunjang perkembangan bisnismu. Webinar juga merupakan ide yang menarik jika kamu ingin memberikan seminar secara online. Apalagi jika didukung dengan pembicara dan materi yang menarik.

Untuk melengkapi strategi bisnis B2B diatas, buatlah sebuah rencana bisnis yang matang agar bisnismu berumur panjang. Dan hal utama yang harus kamu lakukan ialah mulai bisnismu sekarang juga! Jangan tunda ide bisnismu lagi, setuju?

-6.1234974106.7526865
Iklan