Jangan Takut Mulai Bisnis! Atasi Semua Ketakutanmu

No comments
Iklan

Bukan hal baru lagi apabila mulai bisnis bukan hal yang mudah. Satu hal yang harus kamu lakukan ialah melakukan perubahan. Terdengar menakutkan memang karena kata perubahan cenderung berasosiasi dengan hal yang tidak nyaman. Namun, tidak ada bisnis yang tidak dibangun tanpa perubahan.

Bisa dikatakan jika perubahan merupakan hal yang penting karena itulah yang dapat merubah hidupmu. Meski pada awalnya akan terasa sulit, but it’s worth at the end. Ada banyak orang yang telah membuktikan hal ini seperti para pebisnis sukses yang memulai bisnisnya benar-benar dari nol atau mereka yang beralih profesi dan sukses dengan profesi mereka yang baru.

Atasi Semua Ketakutanmu untuk Mulai bisnis Sekarang

Karena ada banyak contoh yang bisa kita jadikan inspirasi, lalu mengapa kita harus takut berubah untuk mulai bisnis? Inilah saatnya untuk atasi semua ketakutan-ketakutan berikut dan mulai berbisnis.

Takut dengan Hal Baru

Ketakutan pertama yang sering dialami banyak orang ialah takut dengan ketidaktahuan. Selalu bertanya pada diri apakah hal yang dilakukan telah benar atau belum, apakah keputusan untuk memulai bisnis merupakan keputusan yang tepat. Belum lagi dengan hal berbeda yang harus dihadapi. Semuanya seolah baru, tantangan baru, cara kerja baru hingga teknologi baru yang digunakan. Hal ini tentu akan sangat dirasakan oleh mereka yang memilih berbisnis di bidang yang baru.

Namun, kamu jangan sampai mengurungkan niatmu untuk berbisnis karena hal ini. Satu hal yang harus kamu tahu ialah ketidaknyamanan merupakan sesuatu yang baik. Mengapa? Itu karena akan membuatmu lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu yang lebih baik lagi dengan terus belajar. Sehingga tanpa sadar, sesuatu yang pada awalnya tidak nyaman justru akan menjadikanmu lebih berkembang. Jadi, jangan takut untuk mencoba hal yang baru ya.

Takut dengan Diri Sendiri

Bicara ketakutan lain yang harus kamu atasi untuk mulai bisnis ialah takut dengan diri sendiri. Apa artinya? Yang dimaksud takut diri sendiri ialah perasaan tidak memahami diri, tidak mengetahui dengan pasti apa yang diinginkan, misalnya apakah akan terus bekerja dan menggantungkan hidup dari gaji bulanan atau keluar dan hidup dengan ketidakpastian pemasukan sebagai pebisnis.

Kondisi yang satu ini jelas dihadapi banyak orang, dan hal baiknya ialah banyak para pebisnis sukses yang kita tahu sekarang juga pernah mengalaminya. Karena itulah, satu-satunya hal yang harus kamu lakukan ialah mencobanya, terdengar sulit untuk dilakukan memang, tapi dari sanalah kamu akan belajar banyak hal bahkan kamu dapat benar-benar tahu apa hal yang kamu inginkan dalam bisnis.

Takut Mulai Bisnis Karena Masalah Keuangan

Orang takut untuk mulai bisnis karena mereka tidak memiliki modal. Ketakutan ini telah menjadi hal yang umum ditemui. Masalah modal memang kerap menjadi penghalang seseorang dalam memulai berbisnis. Sehingga tidak jarang dari mereka yang akhirnya mengurungkan niatnya untuk berbisnis dan kembali bekerja sebagai karyawan.

Akan tetapi, untuk kamu yang ingin mulai merintis usaha, jangan sampai hanya karena ketakutanmu ini kamu mundur. Jika memang kamu tidak memiliki modal untuk menyewa programmer misalnya, kamu bisa mempelajarinya sendiri dan membuat websitemu sendiri. Jika kamu tidak memiliki dana untuk menggaji orang keuangan, pelajarilah tentang keuangan bisnis sehingga kamu dapat meng-handle keuangan bisnismu. Justru dengan begitu kamu akan semakin paham bagaimana membangun bisnis dari nol. Bahkan ketika kamu tidak memiliki modal besar, masih ada kesempatan bisnis yang dapat dijalankan dengan modal yang terbatas, ya kan?

Takut dengan Kegagalan

Apalagi hal selanjutnya yang sering ditakutkan oleh para calon pebisnis selain kegagalan. Takut gagal jelas menjadi penghalang yang sangat besar bagi mereka yang ingin terjun ke dunia bisnis. Yang harus kamu tahu disini ialah perusahaan yang kini memiliki nama dan terkenal pun pernah gagal. Yang membuat mereka bertahan dan berkembang ialah tidak  pernah takut gagal. Dalam bisnis, kegagalan merupakan hal yang wajar. Hal paling penting yang harus kamu tahu ialah jika kamu gagal 99 kali maka kamu harus bangkit 100 kali. Maka dari itu, mulai dari sekarang kamu jangan takut gagal berbisnis ya, justru sebaliknya pelajari kesalahanmu dan buat bisnismu semakin besar.

Itulah 4 ketakutan yang biasanya menjadi penghalang banyak orang dalam mulai bisnis. Maka dari itu, kamu harus mengatasi semua ketakutan-ketakutan di atas agar kamu bisa segera memulai bisnis yang kamu inginkan. Jadi, tunggu apalagi? Yuk mulai bisnismu sekarang juga!

-6.1327969106.752963
Iklan