Jangan Sampai Salah! Inilah Perbedaan Headphone, Earphone, Headset dan Handsfree

No comments
Iklan

Tahukah kamu perbedaan headphone, earphone, headset dan handsfree? Banyak orang yang menggunakan piranti di atas dengan penamaan yang kurang tepat. Namun, untuk kamu yang ingin mulai bisnis aksesoris gadget, tentu saja memahami penamaan dan fungsi produk di atas menjadi hal yang sangat penting. Tentu akan menjadi lucu jika seorang penjual aksesoris gadget tidak memahami produk dagangannya, bukan?

Perbedaan headphone dan aksesoris gadget lainnya

Meskipun keempat aksesoris di atas memiliki fungsi yang sama yaitu sebagai piranti dengar, namun ada beberapa fitur dan model yang membedakan. Berikut ulasan singkat tentang perbedaan headphone, earphone, headset dan handsfree.

1. Headphone

Headphone adalah piranti dengar yang tentunya sudah tidak asing bagi para pengguna gadget. Piranti yang satu ini digunakan untuk mendengarkan musik dari smartphone ataupun jenis gadget lainnya. Bahkan, dengan adanya inovasi headphone nirkabel atau wireless headphone, aktivitas mendengarkan musik menjadi lebih mudah dan tentu saja menyenangkan.

Kamu bisa dengan mudah menemukan produk yang satu ini di berbagai toko aksesoris gadget dengan kualitas yang beragam. Jika kamu berencana untuk mulai bisnis aksesoris gadget, pastikan jika kamu memahami perbedaan headphone original dan kw agar kamu dapat menentukan target pasar yang kamu inginkan. Tidak hanya itu saja, pemilihan supplier headphone pun menjadi hal penting lainnya yang wajib kamu pertimbangkan.

2. Earphone

Tahukan kamu apa perbedaan headphone dan earphone? Apabila dilihat dari fungsinya, headphone dan earphone memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda yaitu sebagai piranti untuk mendengarkan musik dari gadget. Perbedaan yang paling mencolok ialah desain piranti itu sendiri, yaitu earphone didesain lebih kecil sehingga pengguna harus menyematkan earphone pada telinga mereka.

Ukurannya yang lebih kecil membuat earphone lebih mudah untuk dibawa kemana-mana. Bahkan banyak smartphone yang dijual satu paket dengan earphone sebagai piranti pendukungnya. Banyaknya aktivitas orang yang membutuhkan piranti ini merupakan sebuah peluang untuk memulai menjual earphone dan aksesoris gadget lainnya.

3. Headset

Banyak orang yang cukup keliru dengan headset, tidak jarang pula banyak diantara mereka yang mengira jika headset dan headphone adalah sama. Memang, bentuknya tidak jauh berbeda dengan headphone, namun jika bicara tentang fungsinya, headset memiliki fungsi yang jauh lebih luas dari sekedar piranti mendengarkan audio saja.

Perbedaan utamanya ialah terletak pada fungsinya, headset tidak hanya digunakan untuk mendengarkan audio saja, tapi bisa digunakan untuk berkomunikasi juga. Ini karena headset merupakan gabungan antara headphone dan mikrofon. Pada umumnya, headset memiliki tambahan mikrofon pada desainnya. Jadi, kini kamu tahu perbedaan headphone dan headset, kan?

4. Handsfree

Aksesoris gadget terus dikembangkan sehingga selain ketiga piranti di atas, piranti audio lainnya yang penamaannya sering salah ialah handsfree. Lantas apa perbedaan headphone, headset, earphone dan handsfree? Singkatnya, handsfree merupakan earphone yang telah dimodifikasi sedemikian rupa sehingga lebih simpel dan multifungsi.

Jika earphone hanya digunakan sebagai piranti dengar biasa, maka handsfree telah dilengkapi dengan mikrofon dan tombol fungsi yang membuat pemakainya lebih mudah melakukan komunikasi melalui smartphone tanpa terkendala, termasuk jika mereka sedang menyetir. Tentu saja, dengan kebutuhan banyak orang untuk berkomunikasi dengan nyaman saat menyetir, handsfree merupakan produk aksesoris gadget yang wajib ada dalam daftar produk jualanmu.

Setelah kamu memahami perbedaan headphone, earphone, headset dan handsfree, inilah saatnya kamu mulai mencari supplier terbaik untuk bisnis aksesoris gadgetmu. Pastikan jika kamu memilih supplier tangan pertama yang memberikan harga grosir termurah sehingga kamu bisa untung maksimal. Ya, dimana lagi selain di Tokodistributor, partner bisnis terbaik untuk bisnismu.

Iklan