Bisnis Sambil Kerja? Ini Tips Jitu Untukmu

2 comments
Iklan

Pernah terpikir untuk membangun bisnis sambil kerja? Berikut tips agar kamu bisa berbisnis meskipun kamu seorang karyawan perusahaan.

Dengan perkembangan zaman yang makin modern, saat ini bisnis bisa menjadi sumber penghasilan sampingan yang menggiurkan. Bahkan penghasilan dari bisnis tersebut lebih besar dari penghasilan utama seseorang. Karena itulah banyak karyawan yang akhirnya memutuskan untuk resign dari tempat kerjanya kemudian memilih mengembangkan usahanya tersebut.

Tapi, untuk kamu yang berpikir untuk resign dengan alasan sudah tidak kerasan di tempat kerja dan ingin berbisnis namun bisnismu belum bisa dikatakan stabil, sebaiknya kamu memikirkan ulang keputusan tersebut.  Memang, banyak orang yang akhirnya lebih sukses dengan bisnisnya, tapi tidak sedikit pula yang akhirnya gagal, bukan? Untuk mengantisipasi hal ini, tidak ada salahnya kamu membangun bisnis sambil kerja.

membangun bisnis sambil kerja

Berikut ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika kamu memutuskan untuk bisnis sambil kerja full time.

Buang pikiran negative tentang pekerjaanmu

Bukan hal yang baru jika banyak orang bekerja di tempat yang tidak mereka sukai. Karena hal inilah, kebanyakan memilih keluar kemudian berbisnis. Namun, kamu harus tahu jika kamu bisnis sambil kerja, kamu akan mendapatkan berbagai kemudahan khususnya terkait dengan keuangan. Maka dari itu, kini saatnya kamu buang pikiran negative tentang pekerjaanmu karena itu hanya akan membuatmu makin tidak bahagia dan tertekan. Apabila kamu tetap sulit membuang pikiran negative tersebut, tulislah hal-hal yang membuatmu bersyukur dengan pekerjaanmu sekarang.

Kemudian, keuntungan yang akan kamu dapat jika tetap bekerja ialah:

  1. Memiliki uang untuk diinvestasikan

Dengan penghasilan tetap setiap bulan kamu akan memiliki dana yang bisa kamu investasikan setiap bulannya. Hal ini tentu saja bagus karena kamu bisa menginvestasikan dana tersebut untuk bisnismu. Dengan dana tersebut, kamu dapat membeli berbagai alat atau teknologi yang nantinya menunjang bisnismu. Atau mengumpulkannya sebagai modal untuk yang bisnisnya belum dimulai.

  1. Penghasilanmu tidak akan bergantung 100% dari bisnis

Seperti yang kita tahu jika kamu berbisnis kamu siap untuk mendapatkan penghasilan yang tidak menentu, berbeda halnya jika kamu bekerja. Untuk kamu yang memutuskan untuk bisnis sambil kerja, kamu beruntung karena penghasilanmu tidak akan bergantung sepenuhnya dari bisnis. Apabila keuntungan bisnismu sedang menurun, penghasilan bulananmu dari tentu akan sangat membantu, ya kan?

  1. Menghindari pinjaman dana untuk bisnis

Membuka bisnis tentu membutuhkan modal. Karena itulah akan lebih mudah bagi kamu yang bekerja untuk mendapatkan modal dari penghasilan bulanan. Dengan kata lain, kamu tidak perlu pusing untuk meminjam dana untuk bisnis dan kamu pun bisa menjalankan bisnis tanpa perlu pusing dengan hutang.

Siapkan dana untuk bisnis sambil kerja

Jika kamu memiliki tujuan untuk keluar dari pekerjaan dan kemudian berbisnis, kamu harus pastikan jika setelah kamu keluar kamu memiliki dana yang cukup untuk menghidupi bisnis tersebut. Dengan begitu hal pertama yang sebaiknya kamu lakukan ialah tidak buru-buru keluar dari pekerjaanmu. Siapkan dana untuk bisnismu terlebih dahulu.

Berapa banyak jumlah dana yang kamu butuhkan jelas tergantung dari bisnis apa yang akan kamu jalankan nantinya. Selain itu, kamu juga harus memikirkan biaya hidup setelah keluar pekerjaan. Setidaknya dana yang harus kamu kumpulkan bisa membantumu hidup selama 6 hingga 12 bulan tanpa penghasilan tetap. Apabila kamu asal keluar tanpa persiapan, jelas kamu bisa mendapatkan masalah keuangan.

Buat jadwal kerja untuk bisnis

Membangun bisnis sambil kerja memang cukup menantang karena selain harus melakukan tugas sebagai seorang karyawan, kamu juga wajib bekerja untuk bisnismu. Tentu saja kamu dapat bekerja untuk bisnismu setelah pulang kantor misalnya. Namun, ingat, meskipun kamu ingin bisnismu benar-benar berkembang, kamu jangan sampai lupa untuk istirahat. Ya, istirahat itu sangat penting.

Untuk mengatur waktu kerjamu, kamu bisa membuat jadwal kerja untuk bisnis, dan beberapa waktu yang bisa kamu pilih untuk bisnismu ialah:

  1. Pagi hari

Bangunlah lebih awal dan kamu bisa mulai bekerja untuk bisnismu sebelum berangkat ke kantor. Waktu pagi hari tentu sangat cocok untuk membantumu mendapatkan inspirasi-inspirasi untuk bisnismu. Agar kamu bisa lebih santai, kamu bisa melakukan hal ringan seperti membalas email konsumen atau sekedar mengecek email bisnismu.

  1. Waktu istirahat kerja

Selain pagi hari, waktu lain yang dapat kamu manfaatkan untuk bisnismu ialah ketika waktu istirahat kerja. Gunakan waktu istirahatmu untuk memposting konten atau menjadwalkan konten bisnismu. Dengan begitu kamu dapat tetap menjalankan bisnis sambil kerja tanpa harus takut mengganggu waktu produktif di kantor.

  1. Setelah pulang kerja

Ya, inilah waktu yang paling banyak dipilih orang untuk menjalankan bisnisnya karena kamu memiliki waktu yang lebih lama. Namun, karena alasan inilah yang membuat banyak orang bekerja untuk bisnis mereka hingga larut malam yang akhirnya justru membuat kesehatan mereka menurun. Jika kamu memilih menjalankan bisnismu setelah pulang kerja, maka buatlah jadwal kerja dan pastikan kamu juga harus cukup istirahat.

  1. Akhir pekan

Untuk yang belum berkeluarga, akhir pekan dapat menjadi waktu yang paling tepat untuk menjalankan bisnis sambil kerja full time. Waktu senggang ketika akhir pekanmu dapat kamu manfaatkan menjadi lebih produktif. Namun jangan sampai kamu lupa untuk menyempatkan olahraga atau berkumpul dengan teman ya.

Efisienkan pekerjaan dalam bisnismu

Hal selanjutnya yan dapat kamu lakukan ialah mengefisienkan pekerjaan dalam bisnismu. Karena kamu masih berstatus sebagai karyawan, maka kamu tidak bisa seenaknya menentukan jam kerjamu dan jam kerja untuk bisnismu. Selain itu, jam kerja untuk bisnismu jelas akan lebih sedikit. Jika kamu ingin bisnismu tetap jalan dan fokus kerjamu pun tidak terganggu, maka salah satu solusi yang dapat kamu lakukan ialah dengan mengefisienkan waktu kerja untuk bisnis.

Dalam hal ini kamu bisa bekerjasama dengan orang lain agar beban kerja untuk bisnismu lebih sedikit. Atau ide lainnya ialah kamu menggunakan jasa freelancer yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan begitu kamu dapat tetap menjalankan bisnis sambil kerja di kantor.

Berikan penghargaan untuk diri

Yang terakhir merupakan hal yang sering dilupakan banyak pebisnis yaitu memberikan penghargaan untuk diri. Jika kamu membangun bisnis sambil kerja, pastikan jika kamu memberikan penghargaan terhadap dirimu untuk setiap kesuksesan yang telah kamu raih dalam bisnismu meskipun itu hanya hal kecil. Dengan penghargaan inilah kamu akan lebih termotivasi untuk membangun bisnismu menjadi lebih sukses.

Penghargaan untuk diri dapat kamu lakukan dengan melakukan refreshing dengan liburan atau menghabiskan waktu bersama orang-orang tercinta. Dengan begitu, kamu tidak hanya akan sibuk dengan kerja dan bisnis saja yang bisa membuatmu tertekan. Jadi, jangan lupa untuk seimbangkan hidupmu ya.

Itulah 5 tips yang dapat kamu lakukan jika kamu ingin membangun bisnis sambil bekerja full time. Tentu lebih memuaskan jika kamu dapat bekerja dan bisnismu juga berjalan dengan baik, ya kan? Jadi, mulai persiapkan bisnismu dengan membeli produk grosir di Tokodistributor!

 

Iklan