Hobi Jadi Bisnis, Yuk Kenali Potensimu

3 comments

Ide untuk memulai sebuah bisnis bisa datang dari mana saja. Bisa pada saat kamu tertidur, ketika makan, atau dimanapun dan apapun yang kamu kerjakan akan mendapatkan ide untuk dijadikan sebuah usaha. Bisa juga melalui hobi yang kamu suka atau hobi. Jika kamu jeli dalam melihat peluang, dari hobi tersebut kamu bisa menghasilkan uang. Tertarik untuk mengubah hobi jadi bisnis? Ikuti tipsnya berikut ini.

Hobi jadi bisnis

Cari tahu hobi kamu

Sebelum mengubah hobi jadi bisnis, sangat penting untukmu mengetahui apa hobi kamu terlebih dahulu. Dan tentu saja kamu harus menyukai hobi tersebut. Hal ini dilakukan agar kamu menikmatinya dan juga merasa nyaman sekaligus menyenangkan. Jika kamu belum menemukan hobi yang disukai, kamu bisa melakukan beberapa survei, seperti menanyakan ke anggota keluarga atau kerabat terdekat. Ini merupakan cara yang ampuh untuk mengetahui hal apa saja yang kamu suka.

Perluas pengetahuan dan wawasan

Tips berikutnya, untuk mengubah hobi jadi bisnis, kamu harus mengembangkan hobi kamu seperti mengombinasikan antara keterampilan dan gairah. Keterampilan kamu bisa menjadi point lebih untuk mengembangkan hobi kamu. Setelah itu, hubungkan ide-ide dari keterampilan tersebut dengan hobi yang kamu miliki, agar bisa berkembang dan menjadi sebuah bisnis.

Ciptakan brand

Zaman sekarang, hampir semua masyarakat memiliki media sosial, baik yang hanya iseng-iseng maupun menjadikannya sebagai platform penunjang bisnisnya. Media sosial sangat mendukung untuk mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalani. Kamu juga bisa menciptakan karya dari hobi yang kamu buat.

Misalnya, jika kamu memiliki hobi design grafis. Kamu bisa menciptakan sebuah logo maupun gambar-gambar yang kamu buat sendiri, dan dipasarkan melalui sosial media lalu bagikan ke teman-temanmu. Tentu saja brand itu nantinya akan menjadi nilai jual buat kamu. Selain sosial media, kamu juga bisa membuat sebuah blog ataupun situs website yang isinya tentang penjelasan dari brand produk yang sudah kamu buat.

Kenali target pasarmu dengan baik

Setelah poin di atas sudah dijalankan, sebelum mengubah hobi jadi bisnis, kamu perlu melakukan survei dan pengenalan terhadap pasar yang akan menjadi target kamu. Dengan berbekal hobi yang sudah kamu buat dan sudah dipasarkan melalui sosial media, tentunya kamu harus memahami betul apa yang konsumen perlukan. Jika kamu hobi design grafis, misalnya, tentu kamu akan dituntut untuk memahami kondisi pasar, trend yang sedang ramai dicari oleh calon konsumen, kaum milenial atau dewasa, dan lain sebagainya.

Hobi jadi bisnis dengan membangun komunitas

Biasanya, hobi sangat erat kaitannya dengan sebuah perkumpulan atau komunitas. Ini merupakan hal yang sangat berpotensi untuk kamu agar ikut terlibat dalam mengembangkan bisnis yang sedang kamu jalani. Oleh sebab itu, sangat penting untuk membangun sebuah komunitas tersebut. Selain untuk menjaring calon-calon konsumen, komunitas juga dapat membantu mengembangkan usahamu. Kamu juga bisa mempromosikan bisnismu ke komunitas-komunitas lain. Lagi-lagi hal ini akan sangat membantu kamu untuk mengubah hobi jadi bisnis.

Jika kamu masih bingung untuk melakukan itu semua, kamu bisa mencoba dari hal yang mudah, seperti jualan online. Untuk produk jualanmu, kamu bisa membelinya di Tokodistributor. Di marketplace B2B yang satu ini, kamu bisa mendapatkan berbagai produk harga grosir tanpa minimum order. Ditambah dengan fitur dropship dan fitur download foto produk, bisnis menjadi makin mudah bersama Tokodistributor.

Iklan