Sukses Jualan Online di Instagram dengan Tips Berikut

No comments

Instagram telah menjadi media social paling popular yang digunakan orang saat ini. Bukan hanya sebagai tempat untuk mengekspresikan diri, media sosial yang satu ini pun berkembang menjadi wadah untuk berbisnis. Sehingga tidak jarang kita temukan banyak yang jualan online melalui Instagram.

Meskipun sama-sama online, tapi nyatanya berjualan di Instagram dan di media sosial lain sangatlah berbeda. Ini disebabkan karena setiap media sosial memiliki karakteristik tersendiri. Jadi, jika kamu ingin jualan online di Instagram, berikut hal-hal yang harus kamu lakukan agar kamu bisa mencapai omset yang tinggi.

Jualan online di Instagram

Membuat Akun Instagram Bisnis

Jelas, hal pertama yang harus kamu lakukan ialah membuat akun Intagram bisnis, bukan akun pribadi. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi kamu. Selain itu, fitur dalam Instagram bisnis pun akan mendukung jualan online, misalnya adanya analisis posting dan iklan yang bisa membantumu memperluas pasar.

Dalam membuat akun bisnis ini, pastikan kamu telah memiliki nama yang menarik untuk toko onlinemu. Jangan lupa berikan penjelasan singkat tentang produk yang kamu jual dalam biografi Instagrammu. Jika kamu masih bingung, kamu bisa melihat contohnya di beberapa online shop di Instagram.

Mencari Follower Sebanyak-banyaknya

Tips kedua untuk jualan online di Instagram ialah kamu cari follower sebanyak-banyaknya. Meskipun jumlah follower tidak menjamin jumlah omset yang tinggi, tapi dengan memiliki follower yang banyak kamu bisa menunjukkan pada audience jika produkmu banyak diminati orang.

Untuk mendapatkan follower memang susah-susah gampang. Namun, lebih baik kamu tidak membeli follower karena nantinya setiap hari jumlah followermu akan turun. Apalagi, kini Instagram memiliki sistem yang bisa melacak follower palsu dan menghapusnya. Lebih baik kamu dapatkan follower secara organik agar semua followermu aktif.

Upload Konten Menarik

Jika kamu telah memiliki akun bisnis, inilah saatnya untuk membuat konten yang menarik. Bukan hal baru lagi jika konten akan sangat berperan untuk membantumu lebih dikenal orang dan membuat mereka tertarik dengan produk jualanmu.

Untuk kamu yang jualan online, jangan asal upload foto produk ya. Pastikan jika foto produkmu memang menarik. Hal tersebut bisa terlihat dari kualitas foto dan editing foto yang dilakukan. Buatlah foto produkmu makin professional agar orang makin tertarik dengan apa yang kamu jual. Selain itu, angle foto pun sangat mempengaruhi menarik tidaknya sebuah produk. Karena itulah, jika kamu ingin total, ada baiknya kamu sewa jasa pemotretan produk apabila dirasa perlu.

Jangan lupa juga untuk memberikan deskripsi mengenai produk tersebut pada caption. Ingat, perhatikan tata bahasa yang kamu gunakan, sesuaikan dengan target pasar dan buat deskripsi produknya detail sehingga orang bisa tahu bagaimana produkmu.

Hashtag pun penting untuk kamu perhatikan agar kamu bisa lebih mudah ditemukan target pasarmu. Sertakan hashtag yang sesuai dengan produk di setiap postingan. Misalnya jika kamu berjualan jam, maka hastag yang digunakan harus berkaitan dengan jam.

Menggunakan Jasa Endorse

Meski followers kamu sudah banyak, endorse juga penting dilakukan agar target pasarmu semakin luas dan tidak berkutat di followers akun Instagram kamu. Namun, kamu harus pintar dalam memilih jasa endorse. Belakangan banyak orang yang jualan online menggunakan jasa akun Instagram artis dalam mempromosikan bisnisnya. Padahal ongkos endorse semacam ini memiliki budget pemasaran yang cukup tinggi.

Nah, untuk menekan biaya, kamu cukup mencari akun instagram biasa saja tapi yang memiliki banyak followers. Endorse semacam ini biasanya jauh lebih murah dibanding menggunakan jasa akun Instagram artis.

Memberi Diskon atau Promo

Selain memposting foto produk yang menarik, menggunakan hashtag yang relevan, dan menggunakan jasa endorse, sekali-lima kali kamu juga perlu memberi diskon atau promo kepada pembeli. Hal ini dilakukan agar pembeli produk yang kamu jual lebih banyak lagi.

Agar lebih menarik, kamu sebaiknya berikan diskon atau promo di momen yang tepat misalnya saat hari kemerdekaan, akhir tahun, dan hari raya. Yang penting ialah ada sebuah momen penting mengapa kamu memberikan diskon tersebut sehingga banyak orang yang tertarik dengan produk yang kamu jual.

Itulah 5 poin penting yang harus kamu pahami jika ingin sukses jualan online di Instagram. Kini, apakah kamu makin ingin membuat bisnis di media sosial. Jika iya, jangan lupa untuk dapatkan semua produk jualanmu di Tokodistributor. Inilah marketplace B2B yang menyediakan berbagai produk dari supplier tangan pertama di Indonesia.

Selain itu, dengan produk harga tangan pertama dan pembelian produk tanpa minimum order, bisnismu di Instagram jelas bisa makin untung. Ditambah dengan fitur dropship hingga fitur download foto produk yang ada, tentu saja bisnis akan menjadi lebih mudah. Jadi, mulailah jualan online sekarang juga dengan menjadi reseller Tokodistributor.

Iklan