Tips Atur Waktu untuk Bisnis di Bulan Ramadan

3 comments

Ramadan telah datang, tapi sebagai pebisnis kamu masih suka merasa kesulitan untuk mengatur waktu ibadah kamu dan kepentingan bisnis. Lalu, kalau sudah begini kamupun mau tak mau harus merelakan waktu-waktu yang seharusnya bisa dipergunakan untuk ibadah untuk bisnis kamu atau sebaliknya. Padahal bulan puasa bukan menjadi alasan kamu tidak produktif dalam ibadah dan berbisnis, lho. Keduanya bisa berjalan beriringan jika kamu bisa mengatur dan menyesuaikan waktu dengan tepat. Ya, kamu bisa tetap menjalankan bisnis di bulan Ramadan tanpa harus meninggalkan kewajiban ibadahmu di bulan puasa ini lho.

Bisnis di bulan Ramadan

Nah, untuk kamu para pebisnis, ini dia beberapa tips untuk mengatur waktu untuk bisnis di bulan Ramadan agar kamu juga bisa meluangkan waktu untuk memperbanyak ibadah di bulan suci ini.

Susun Skala Prioritas

Menyusun skala prioritas atau hal mana saja yang harus kamu pentingkan terlebih dahulu dibandingkan hal-hal lainnya menjadi tips pertama untuk mengatur waktu untuk bisnis di bulan Ramadan. Kamu bisa membuat to-do-list setiap harinya sebelum kamu memulai aktivitas bisnismu. List pekerjaan ini berisikan hal-hal yang akan dilakukan dalam hari itu sehingga kamu hanya akan fokus kedalam menyelesaikan pekerjaan yang tertera disana sehingga pekerjaanmu akan maksimal.

Aktivitas lain yang tidak terlalu urgent bisa kamu masukan ke to-do-list dihari selanjutnya. Alasannya ialah supaya kamu tidak kehilangan fokus kamu dalam mengelola bisnis pada hari itu. Dengan begitu kamu bisa memiliki lebih banyak waktu untuk beribadah di bulan Ramadan.

Menentukan Waktu Kerja

Jika kamu merasa kalau bisnis di bulan Ramadan menghalangi niat kamu dalam beribadah, ubahlah sedikit jam kerja bisnismu. Dengan begitu kamu bisa tetap menjalankan ibadahmu di bulan Ramadan secara maksimal. Kamu bisa menentukan jam buka dan jam tutup bisnis. Sehingga kamu bisa meluangkan waktu untuk beribadah sebelum membuka bisnis dan juga setelah menutup bisnis pada hari itu.

Jika pada hari biasa kamu akan memberikan jam istirahat untuk makan siang, bukan berarti kamu harus menghilangkan jam tersebut karena kamu sedang berpuasa. Malah jam makan siang itu bisa kamu gunakan semaksimal mungkin untuk beribadah dan mungkin mendapatkan sedikit tidur siang.

Dahulukan Pekerjaan Berat di Pagi Hari

Waktu pagi hari merupakan waktu dimana kamu masih menyimpan banyak energi sisa sahur sehingga kamu disarankan untuk mendahulukan pekerjaan berat di pagi hari. Tips atur waktu untuk bisnis di bulan Ramadan yang terakhir ini penting untuk tetap menjaga tubuh kamu agar tetap fit dan tidak lemas disiang hari.

Kamu bisa memilah beberapa kegiatan yang membutuhkan banyak energi seperti belanja kebutuhan produksi atau stok barang untuk dilakukang pertama sebelum kegiatan lainnya. Setelah pekerjaan yang berat selesai, kamu hanya perlu mengerjakan kegiatan lainnya seeprti pelayanan konsumen pada siang harinya. Dengan ini, waktu yang kamu punya akan dimanfaatkan dengan baik dan kamu bisa menjalani ibadahmu dengan lancar pula.

Itulah beberapa tips bisnis di bulan Ramadan agar kamu bisa tetap menjalankan ibadah dan bisnis secara maksimal. Apalagi untuk kamu para reseller Tokodistributor yang sibuk dengan pesanan barang dari konsumenmu. Pastikan kamu bisa mengatur waktu bisnis dan ibadahmu dengan baik di bulan suci ini sehingga kamu tetap bisa dapatkan keuntungan maksimal dari bisnismu.

Khusus untuk kamu yang belum memiliki bisnis, kini kamu bisa langsung menjadi seorang pebisnis dengan menjadi reseller Tokodistributor. Produk harga grosir tanpa minimum order yang ditawarkan tentu akan memudahkanmu untuk memulai bisnis dengan modal minim. Bahkan kamu bisa berbisnis tanpa modal dengan system dropship yang tersedia. Ga percaya? Yuk daftar jadi reseller Tokodistributor sekarang.

Iklan