Apa Saja Keuntungan Menjalankan Bisnis Sendiri?

2 comments

Siapa yang tidak ingin memiliki bisnis sendiri? Hampir semua orang menginginkan hal ini. Tidak perlu terikat dengan jam kantor ataupun pusing dengan kontrak kerja, membuat banyak orang kini mulai merintis bisnisnya sendiri. Tentu saja, akan ada banyak keuntungan yang didapat jika kamu menjalankan bisnis sendiri. Mulai dari menjadi bos untuk bisnismu hingga memiliki lebih banyak waktu bersama keluarga, berikut hal yang bisa kamu dapat saat menjalankan bisnis.

Keuntungan menjalankan bisnis sendiri

Kamu adalah bos untuk bisnismu

Mendengar kata “bos” kamu tentu akan berpikir seseorang yang memimpin sebuah perusahaan, bukan? Tapi, tahukah kamu jika kamu pun bisa menjadi bos? Ya, rintislah sebuah bisnis maka kamu pun akan menjadi bos untuk bisnismu sendiri. Seperti kata Bob Sadino, sekecil apapun bisnismu, kamu tetaplah bosnya.

Maka dari itu, jika kamu merintis sebuah bisnis, walaupun itu bisnis kecil-kecilan, kamu tetaplah bosnya. Kamu yang mengatur semua hal dalam bisnis, kamu memiliki karyawan dan kamu pun menjadi penentu setiap kebijakan dalam bisnismu. Tentu saja keuntungan ini sangat menarik, apalagi untuk para karyawan yang sudah mulai bosan bekerja untuk orang lain.

Melatih jiwa entrepreneurship

Keuntungan kedua yang akan kamu dapat jika memiliki bisnis sendiri ialah terlatihnya jiwa entrepreneurship. Seperti yang kita tahu bahwa, tidak semua orang terlahir dari keluarga pebisnis. Banyak dari mereka yang harus melatih jiwa entrepreneurship tersebut sehingga mereka menjadi seorang pebisnis sukses.

Untuk kamu yang juga ingin menjadi pebisnis sukses, inilah kesempatanmu mengasah jiwa entrepreneurship dengan memulai bisnis kecil-kecilan. Tidak masalah kamu gagal karena justru itulah bisa menjadi pembelajaran paling penting untuk memulai bisnismu dengan menghindari kesalahan yang sama.

Melatih kemandirian

Dengan berbisnis, kamu akan melatih kemandirianmu. Bagaimana bisa? Jika kamu telah bertahun-tahun menjadi seorang karyawan perusahaan, maka kamu akan terbiasa dengan melakukan pekerjaan yang diperintahkan saja. Namun, dengan membuka bisnis sendiri, kamu akan melatih diri untuk lebih mandiri dalam mengambil keputusan.

Selain itu, kamu pun akan belajar untuk tidak bergantung kepada orang lain sebab kamulah yang memiliki bisnis. Bisnismu akan berkembang atau tidak tentu berada di tanganmu. Karena itu, jika kamu ingin melatih kemandirian, kamu bisa mulai bisnis saja.

Semua keuntungan menjadi milik kita

Tidak hanya ketiga hal di atas, hal lain untuk kamu yang memiliki bisnis sendiri ialah semua keuntungan menjadi milik kita. Ini tentu tidak seperti para karyawan yang mendapatkan gaji bulanan dengan angka yang sama meskipun mereka telah berhasil menjual banyak produk. Untuk kamu yang memiliki bisnis, jelas semua keuntungan jualanmu akan menjadi milikmu. Tentu saja, jika kamu ingin mendapatkan laba yang lebih banyak, kamu harus menjual lebih banyak produk.

Membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain

Keuntungan menjadi pebisnis sangatlah banyak, dan salah satunya yaitu bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Saat ini, jumlah pengangguran di Indonesia sangatlah banyak namun jumlah lapangan pekerjaan yang ada tidak sebanding dengan jumlah mereka. Inilah kesempatanmu untuk membantu orang lain.

Dengan membuka sebuah bisnis, apalagi bisnis yang besar, tentu kamu memerlukan bantuan orang lain, bukan? Maka dari itu, kamu pun membuka lowongan pekerjaan dan hal ini akan sangat membantu mereka yang belum bekerja untuk mendapatkan pekerjaan.

Memiliki banyak waktu bersama keluarga

Jika kamu menjadi seorang karyawan sebuah perusahaan, kamu biasanya hanya akan memiliki waktu bersama keluarga saat akhir pekan saja. Tapi, hal ini tidak berlaku apabila kamu menjadi seorang pebisnis. Waktumu dengan keluarga akan lebih fleksibel sebab kamu bisa berkumpul dengan mereka kapan saja.

Apalagi jika kamu memiliki bisnis online yang tentu saja bisa kamu urus kapan saja dan dimana saja. Cukup dengan internet dan gadget, kamu bisa mengurus bisnismu dan waktu berkumpul dengan keluarga pun akan lebih banyak jika dibandingkan saat kamu menjadi karyawan.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan semua keuntungan di atas, tentu saja kamu harus mulai merintis bisnismu sendiri. Jika kamu bingung, kamu daftar menjadi reseller Tokodistributor saja. Dijamin menyediakan berbagai produk harga grosir tanpa minimum order, kamu pun bisa mengatur margin keuntunganmu sendiri. Ada pula sistem dropship untuk kamu yang ingin bisnis tanpa modal lho. Jadi, yuk daftar reseller Tokodistributor sekarang juga.

Iklan