Harus Tahu, Inilah Strategi Pemasaran Online untuk Para Pebisnis

One comment

Seiring dengan kemajuan zaman, kini pemasaran tidak hanya dilakukan secara konvensional atau offline saja, tapi juga secara online. Melalui media online, pemasaran online atau juga dikenal sebagai online marketing ini menjadi salah satu tren marketing saat ini. Secara sederhana, online marketing sendiri merupakan usaha untuk mengenalkan produk kepada masyarakat dengan memanfaatkan internet.

Seperti yang kita tahu bahwa adanya internet memungkinkan orang untuk berkomunikasi ataupun berbagi informasi mengenai suatu produk atau jasa yang ditawarkan. Karena itulah marketing online menjadi pilihan banyak pebisnis yang ingin mengembangkan bisnisnya di era digital seperti sekarang.

Strategi pemasaran online

Bicara mengenai pemasaran online ini, untuk kamu yang ingin menggunakannya, pemahaman mengenai strategi pemasaran secara online sangatlah penting. Berikut beberapa strategi yang sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu agar kamu bisa mendapatkan hasil marketing yang sesuai dengan keinginan.

Riset barang dan pasar

Sebelum kamu mulai pemasaran online, ada baiknya kamu melakukan riset barang dan pasar terlebih dahulu. Tujuan dilakukannya riset ini ialah untuk mengetahui barang apa saja yang sedang menjadi tren dan bagaimana perkembangan pasarnya. Jika kamu mengetahui hal ini tentu kamu akan lebih mudah untuk menentukan produk apa saja yang akan kamu jual. Selain itu, kamu juga akan mengetahui target pasar dari produkmu tersebut.

Dalam riset barang, kamu juga bisa tahu tentang kebutuhan konsumen. Apabila kamu ingin membuka sebuah bisnis, pastikan jika produkmu memang dibutuhkan oleh banyak orang. Prinsip supply and demand jelas sangat menggambarkan mengapa kamu harus melakukan riset barang serta konsumenmu.

Bahkan, dengan melakukan riset barang dan pasar, kamu juga akan mengetahui siapa saja kompetitormu. Tahu dan paham akan kompetitormu merupakan hal yang sangat penting sebab kamu bisa mencari tahu apa hal unik yang sebaiknya kamu tawarkan untuk konsumenmu.

Melakukan promosi online

Setelah semua informasi kamu dapatkan, saatnya kamu membuat konsep bisnismu dan lakukan promosi secara online. Aktivitas ini merupakan aktivitas dengan tujuan menyebarkan informasi, mempengaruhi, membujuk, atau mengingatkan pasar dengan produkmu agar diterima, diminati dan dibeli oleh konsumen.

Beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk memaksimalkan pemasaran online ialah dengan memiliki situs web, sosial media, serta menggunakan online ads dan SEO.

1. Memiliki situs web

Di era digital seperti sekarang, memiliki situs web untuk sebuah bisnis sangatlah menguntungkan. Hal ini disebabkan karena kamu bisa memiliki tempat untuk display semu produk yang ingin kamu tawarkan kepada konsumen. Tidak hanya itu saja, adanya website juga akan memudahkanmu dalam memberikan promo kepada konsumen.

2. Memiliki media sosial

Bukan hal yang baru lagi jika media sosial sangatlah berpengaruh. Banyaknya orang yang beraktivitas di media sosial menjadi alasan tepat mengapa kamu harus memiliki akun bisnis di berbagai media sosial. Dengan semua akun tersebut, kamu bisa membangun kepercayaan pelanggan dan lebih dekat dengan semua konsumenmu. Info tentang promo ataupun produk baru juga akan jauh lebih mudah untuk diketahui banyak orang.

3. Gunakan online advertising

Online advertising menjadi salah satu senjata ampuh untuk memperkenalkan hingga meningkatkan traffic penjualan produkmu. Yang harus kamu lakukan disini ialah memasang iklan secara online dengan berbagai metode seperti PPC (Pay per Click) dan CPM (Cost per Million Impressions). Dengan target iklan yang tepat, kamu bisa meningkatkan omset jualanmu.

4. SEO

SEO atau Search Engine Optimization menjadi hal penting lainnya saat kamu melakukan pemasaran online. Untuk para digital marketers, SEO sangat berpengaruh dalam mesin pencarian. Dengan kata kunci yang tepat, kamu tentu bisa mendapatkan kesempatan lebih besar untuk lebih mudah ditemukan di halaman pertama mesin pencarian. Artinya ialah websitemu akan lebih mudah ditemukan para konsumen.

Layanan After Sales

Setelah kamu melakukan promosi online, kamu juga harus memikirkan mengenai layanan after sales. Hal ini jelas wajib kamu lakukan agar konsumenmu bisa kembali dan membeli produkmu lagi. Menjalin hubungan baik dengan konsumen, memberitahu info terbaru mengenai produk yang kamu jual, diskon dan lainnya menjadi hal yang bisa kamu lakukan dalam layanan after sales.

Jadi, itulah beberapa hal penting yang harus kamu pahami dalam strategi pemasaran online. Tentu saja, tanpa adanya strategi yang tepat, bisnismu akan sulit untuk berkembang. Karena itu, pastikan jika kamu telah mencatat setiap poin yang ada di atas dan kemudian mempraktekannya.

Kemudian, untuk kamu yang memiliki keinginan untuk berbisnis online, kini kamu tidak perlu bingung bagaimana memulainya. Hadirnya Tokodistributor sebagai marketplace B2B merupakan sebuah berita baik sebab kamu bisa dapatkan berbagai produk harga grosir tanpa minimum order. Fitur dropship yang tersedia juga sangat membantu khususnya untuk kamu yang ingin jualan tanpa modal.

Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Selain mencatat semua strategi pemasaran online di atas, kamu juga sebaiknya jangan lewatkan kesempatan baik ini untuk menjadi seorang pebisnis. Segera daftar menjadi reseller Tokodistributor dan nikmati kemudahan menjadi pebisnis online disini.

Iklan