Pebisnis Wajib Tahu, Inilah Tips Bisnis 2019

No comments
Iklan

Apakah kamu memiliki rencana untuk mulai berbisnis di tahun 2019? Jangan tunda, rintis bisnismu sekarang juga, apalagi untuk kamu yang memiliki mimpi mendapatkan kebebasan finansial. Yang terpenting ialah kamu memahami bagaimana cara membangun bisnis dengan benar. Dengan memahami cara tersebut, tentu kamu dapat memaksimalkan setiap kesempatan untuk mengembangkan bisnismu.

Untuk kamu para pebisnis pemula, jangan sampai lewatkan beberapa tips mulai bisnis 2019 berikut. Pastikan kamu mencatat setiap poin pentingnya dan menerapkannya dalam bisnismu. So, let’s check it out.  

Tips Bisnis 2019

Tahu tujuan bisnismu

Hal pertama yang harus kamu pahami ialah mengenai tujuan bisnis. Tujuan bisnis merupakan sebuah kunci sukses dalam sebuah bisnis karena hal ini akan sangat berkaitan dengan apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuan tersebut. Maka dari itu, buatlah sebuah tujuan bisnis yang jelas agar kamu bisa dengan lebih mudah untuk menentukan langkah apa saja yang harus kamu lakukan dalam membangun bisnismu.

Jangan lupa juga untuk selalu meninjau ulang tujuan bisnismu tessebut. Apakah semua langkah yang telah kamu lakukan sesuai dengan tujuan bisnis? Apakah kamu harus merubah sesuatu agar tujuan bisnismu tetap relevan dengan kondisi bisnis terkini? Semuanya jelas harus benar-benar kamu pertimbangkan dengan baik agar kamu tetap bisa mengembangkan bisnis yang sedang kamu rintis.

Fokus Customer Service

Bicara tentang tips bisnis, tentu hal ini tidak akan jauh dari kata konsumen. Oleh karena itu, agar bisnismu bisa berjalan baik maka fokus customer service merupakan hal penting kedua yang harus kamu lakukan. Ya, apapun jenis bisnismu, entah itu B2C atau B2B, pelayanan yang kamu berikan terhadap para konsumen menjadi kunci penting.

Pastikan jika kamu memberikan pelayanan yang terbaik terhadap konsumenmu. Beberapa hal yang bisa kamu lakukan ialah ramah terhadap konsumen, melakukan pengemasan produk yang rapi, dan pengiriman tepat waktu. Selain itu, kamu juga perlu melakukan komunikasi dengan konsumen terkait hal-hal yang berkenaan dengan produk pesanan mereka.

Tetap up-to-date

Jika kamu ingin berbisnis, salah satu hal penting yang harus kamu tahu ialah mengenai perkembangan zaman. Dengan kata lain, tetap up-to-date dengan berbagai hal baru adalah sesuatu yang jangan sampai kamu abaikan. Hal ini menjadi sangat penting agar kamu bisa terus melakukan inovasi sehingga bisnismu akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman.

Misalnya saja ialah tren bisnis online yang berkembang saat ini. Untuk kamu yang telah memiliki bisnis konvensional, mengembangkan bisnismu tersebut ke ranah online menjadi sebuah ide yang tepat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan pasar yang lebih luas dan pastinya bisnismu pun akan berkembang.

Istirahat cukup

Tips lain yang tidak kalah penting dari 3 tips bisnis di atas ialah kamu harus mendapatkan istirahat yang cukup setiap harinya. Sebagai pebisnis, memang ada banyak hal yang harus diurus. Tapi, itu bukan berarti bahwa kamu tidak memperhatikan kesehatanmu. Pastikan jika kamu mendapatkan istirahat yang cukup agar kamu bisa tetap fit dan menjalankan bisnismu tersebut.

Apabila kamu telah memahami semua tips bisnis di atas, kini saatnya kamu untuk menerapkannya dalam bisnismu. Untuk yang belum memiliki bisnis, segera daftar menjadi reseller Tokodistributor. Kamu akan dapatkan berbagai produk harga grosir tanpa minimum order yang kemudian bisa kamu jual kembali. Ada juga sistem dropship di Tokodistributor bagi yang ingin bisnis dengan modal minim. Tertarik?

Iklan